Kabar Haji Kalteng 2019

Pemkab Sukamara Carterkan Pesawat, Calhaj Daerah Ini Tetap Harus Transit di Palangkaraya

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, jamaah calon haji Kalteng pada 2019 ini tidak lagi diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara

Pemkab Sukamara Carterkan Pesawat, Calhaj Daerah Ini Tetap Harus Transit di Palangkaraya
Istimewa
Ilustrasi - Suasana pemberangkatan jamaah calon haji di Asrama Haji Palangkaraya, Kamis (20/9/2018). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Jamaah calon haji Kalteng, dijadwalkan sudah mulai bertolak ke embarkasi Syamsuddin Noor Banjarmasin sejak Jumat (19/7/2019).

Dari enam kelompok penerbangan (keloter) asal Kalteng, jamaah calon haji dari Kabupaten Kapuas merupakan yang pertama dijadwalkan masuk asrama haji Banjarbaru.

Kasi Sistem Informasi bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kalteng, M Rifansyah, menyebut 318 jamaah calon haji Kapuas bersama petugas haji yang tergabung dalam keloter 8, dijadwalkan sudah masuk asrama haji Banjarbaru pada Sabtu (20/7/2019).

"Selanjutnya, mereka akan diberangkan pada Minggu (21/7/2019) pukul 03.20 WITA menuju Jeddah," terang Rifansyah.

Jamaah calon haji asal Kalteng terbagi dalam enam keloter. Masing-masing keloter 8 jamaah dari Kabupaten Kapuas, Keloter 10 dari Kabupaten Barito Timur, Murungraya, Kapuas, dan Palangkaraya, Keloter 11 dari Palangkaraya, Keloter 13 dari Palangkaraya, Kotim, Katingan, dan Gunungmas, Keloter 15 dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Pulangpisau, Seruyan dan Lamandau, serta Keloter 18 dari Kabupaten Barsel, Barut, Sukamara, dan Palangkaraya.

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, jamaah calon haji Kalteng pada 2019 ini tidak lagi diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara Palangkaraya.

Mereka juga harus menempuh perjalanan darat menggunakan bus dari daerah asal untuk menuju Embarkasi Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Bagi daerah yang jauh, seperti Sukamara, Lamandau, Kobar, Seruyan Gunungmas, dan Bersel, kebijakan menginapkan jamaah calon haji di Asrama Haji Palangkaraya pun diberlakukan, mengingat jarak tempuh dan usia jamaah yang kebanyakan berusia lanjut.

"Namun untuk jamaah calon haji dari Sukamara, pemerintah setempat mengambil kebijakan mencarter pesawat bagi jamaahnya untuk ke Palangkaraya dan bermalam di asrama haji. Selanjutnya, perjalanan darat dilanjutkan pada keesokan harinya," timpal Rifansyah. (*/aol)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved