Kabar Palangkaraya

Palangkaraya dapat Kiriman Kabut Asap dari Kabupaten Tetangga, Seorang Pembakar Lahan Jadi Tersangka

Meski belum sampai mengganggu penerbangan di Bandara Tjilik Riwut, bau asap yang menyengat terasa menyesakkan dada dan membuat mata perih mata pengend

Palangkaraya dapat Kiriman Kabut Asap dari Kabupaten Tetangga, Seorang Pembakar Lahan Jadi Tersangka
Tribunkalteng.com/faturahman
Dampak kebakaran lahan di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mulai diselimuti Kabut asap dan bau menyengat. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kabut asap dampak kebakaran lahan hingga, Kamis (18/7/2019) masih menyelimuti Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kondisi inI diduga sebagai dampak dari kebakaran lahan yang terjadi di pinggiran kota dan kiriman dari kabupaten terdekat.

Meski belum sampai mengganggu penerbangan di Bandara Tjilik Riwut, bau asap yang menyengat terasa menyesakkan dada dan membuat mata perih mata pengendara sepeda motor yang sedang mobile di jalan.

Petugas pemadam kebakaran terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di Pinggiran Kota Palangkaraya.

Palangkaraya dapat Kiriman Kabut Asap dari Kabupaten Tetangga, Seorang Pembakar Lahan Jadi Tersangka

Liga 1 2019 - Borneo FC Ingin Lanjutkan Tren Kemenangan Vs Barito Putera, Hari Ini

Link Live Streaming dan Jadwal Siaran Langsung Barito Putera Vs Borneo FC dan Persela Vs Bali United

"Petugas kami terus melakukan pemadaman lahan yang terjadi dipinggiran kota, kebanyakan kebakaran di Kecamatan Jekanraya," ujar Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin.

Saat ditanyakan kabut asap yang menebal dalam beberapa hari ini, dia mengakui, sebagian memang berasal dari kebakaran lahan di Palangkaraya, tetapi sebagian juga berasal dari kebakaran lahan di perbatasan Palangkaraya dan Kabupaten Pulangpisau juga kabupaten terdekat lainnya.

Sementara itu, Polres Palangkaraya, Kalimantan Tengah, hingga, Kamis (18/7/2019) menangani sebanyak sebelas kasus kejadian kebakaran lahan dan menetapkan seorang tersangka pembakar lahan dalam penindakan pelaku pembakar lahan dalam musim kemarau tahun 2019 ini.

Dikatakan dia, pihaknya telah melakukan policeline sebanyak sebelas lahan yang terbakar dan telah menetapkan satu tersangka yang tertangkap tangan melakukan pembakaran lahan.

"Ada sebelas kasus lokasi lahan yang terbakar yang kami tangani dan ada satu tersangka yang ditetapkan," ujar Kapolres Palangkaraya,AKBP Timbul RK Siregar.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangkaraya, Supriyanto, mengatakan, pihaknya mengimbau kepada warga jangan melakukan pembakaran lahan, sela musim kemarau ini, dan meminta warga turut membantu memadamkan lahan yang terbakar disekitar lingkungan tempat tinggalnya.

"Bantu petugas memadamkan jika ada melihat lahan yang terbakar, jangan sampai meluas, kemudian laporkan kepada petugas," ujarnya. (Tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved