Garuda Larang Penumpang Ambil Foto dan Video di Pesawat karena Ini, Bagaimana Citilink?

Larangan penumpang mengambil foto dan video di dalam pesawat, dikeluarkan Garuda Indonesia.

Garuda Larang Penumpang Ambil Foto dan Video di Pesawat karena Ini, Bagaimana Citilink?
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Ilustrasi - armada Citilink 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Larangan penumpang mengambil foto dan video di dalam pesawat, dikeluarkan Garuda Indonesia.

Larangan tersebut tertuang dalam surat pengumuman yang dikeluarkan manajemen Garuda Indonesia pada Selasa (16/7/2019) dengan nomor JKTDO/PE60001/2019.

Namun tidak seperti Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Citilink belum memberlakukan aturan pembatasan pengambilan gambar di dalam pesawat oleh penumpang.

Vice President Corswc Citilink Resty Kusandarina mengatakan, saat ini anak perusahaan PT Garuda Indonesia ini masih membahas aturan ini secara internal.

"Sesuai dengan kebijakan Garuda Indonesia sebagai induk perusahaan, kami juga pastinya berkomitmen akan turut menjaga penyebaran informasi di dalam pesawat agar tetap menjaga kenyamanan dan privasi penumpang kami," kata Resty kepada Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Nyaris Tak Diketahui, 7 Fitur Ini Jadi Bagian Rahasia di Pesawat

MotoGP 2019 - Dani Pedrosa Iri dengan Valentino Rossi yang Hingga Kini Masih Bisa Eksis

Liga Inggris - Mantan Penyerang Liverpool, Daniel Sturridge Ingin ke FC Barcelona

Resty belum menjelaskan secara rinci upaya apa saya yang akan dilakukan pihaknya untuk menjaga penyebaran informasi di dalam pesawat tersebut.

"Belum sampai ke arah situ pembahasannya (upaya menjaga penyebaran informasi). Intinya sih, sejauh ini kami belum memberlakukan aturan (pengambilan gambar di pesawat) terkait hal tersebut," ujarnya Resty.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melarang penumpang untuk mengambil foto dan video di dalam pesawat.

Larangan tersebut tertuang dalam surat pengumuman yang dikeluarkan manajemen Garuda Indonesia pada Selasa (16/7/2019) dengan nomor JKTDO/PE60001/2019.

Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Bambang Adisurya Angkasa.

Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau biasa disapa Ari Askhara membenarkan larangan itu dengan mengirimkan file imbauan kepada penumpang.

Ari mengatakan hal ini dilakukan dalam rangka menjaga ketertiban kabin pesawat, menunjang keselamatan operasi penerbangan, kelancaran pelayanan selama penerbangan, dan menghormati hak-hak penumpang.

Meski begitu, penumpang masih diperbolehkan mengambil foto diri atau selfie untuk kepentingan pribadi di dalam kabin pesawat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved