Rencana Pemindahan Ibukota, Harus Ada Pemisahan Pemerintahan dan Kegiatan Ekonomi

Selain dasar pertimbangan kemudahan memenuhi kota modern, rencana pemindahan ibu kota juga harus menjadi solusi yang

Rencana Pemindahan Ibukota, Harus Ada Pemisahan Pemerintahan dan Kegiatan Ekonomi
Istimewa
Aris Subagio, Dosen Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang bersama anggota Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Ibnu Elmi AS Pelu. 

TRIBUNKALTENG.COM - Rencana kebijakan pemindahan ibu kota pemerintahan di luar Pulau Jawa, khususnya di Palangkaraya, Kalteng, menjadi perhatian serius kalangan akademisi di universitas yang ada di Indonesia.

Selain dasar pertimbangan kemudahan memenuhi kota modern, rencana pemindahan ibu kota juga harus menjadi solusi yang berdaya tahan lintas generasi.

"Pada prinsipnya, konsep ini yang masih sangat terbuka bagi Kalteng untuk menjadi model perpaduan dari kedua konsep tersebut," ujar Aris Subagio, Dosen Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

Pernyataan ini diungkapkan Aris dalam sebuah perbincangan dengan mantan Rektor IAIN Palangkaraya yang juga sesama alumni pada program doktor di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang.

Soal Wacana Pemindahan Ibu Kota, DPR akan Buat Pansus

Pembangunan Proyek Pelabuhan Kijing, Perusahaan Diduga Pekerjakan Puluhan TKA Ilegal

Turunkan Berat Badan dengan Menghindari Lemak Justru Kesalahan Besar, Ahli Diet Sarankan ini

Kepada Ibnu yang merupakan salah seorang dari anggota Tim Percepatan Pembangunan Kalteng, Aris juga menyarankan adanya pemisahan pemerintahan  ibu kota dengan kegiatan ekonomi skala nasional dan regional.

Aris yang juga menjadi pelaku penyusunan RTRW Propinsi Kalteng, memberi alasan bahwa aktifitas ekonomi nasional dan aktifitas pemerintahan sangat rentan terhadap pertumbuhan yang melewati ambang batas sehingga tidak terkendali pertumbuhan kota.

"Justru pemisahan akan mengefektifkan fungsi masing masing yang ditunjang dengan konsep smart city," timpal Aris seperti dikutip Ibnu Elmi kepada Tribunkalteng.com. (*)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved