Peluang Usaha

Tips dan Strategi Bisnis Online, Visualisasi Penting, Harus Begini Setelah Barang Diterima Pelanggan

Seperti halnya berjualan offline, bisnis online juga perlu strategi agar dagangan terjual, syukur-syukur laris manis semuanya.

Tips dan Strategi Bisnis Online, Visualisasi Penting, Harus Begini Setelah Barang Diterima Pelanggan
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Bisnis online cukup melalui smartphone 

TRIBUNKALTENG.COM - Seperti halnya berjualan offline, bisnis online juga perlu strategi agar dagangan terjual, syukur-syukur laris manis semuanya.

Bagaimana itu? Simak penjelasan di bawah ini.

Budi, pedagang online di Banjarmasin, menjelaskan, berbeda dengan jualan offline yang barangnya bisa diraba atau dirasakan atau dicoba, maka jualan online barangnya divisualkan saja.

Bisa divisualkan berupa foto atau video. Maka penjual harus menampilkan visual sebaik mungkin dan memang real itu barangnya.

"Misal jual buku. Fotokan sampul depan-belakang juga bagian halaman dalam yang esensial materinya. Jangan lupa pakai kamera yang hasilnya bagus. Sebab foto atau video yang tidak fokus akan mengganggu visual saat promosi," jelasnya.

Barang Belanja Online Numpuk di Ekspedisi, Ini Penjelasan Bea Cukai

Kehilangan Sejumlah Pilar, Persib Bandung Dalam Kondisi Bahaya Hadapi Kalteng Putra di Liga 1 2019

Pembayaran Sewa Pesawat Tak Disepakati, Calhaj Kalteng Naik Bus ke Embarkasi Syamsudin Noor

Jika jual barang bekas. Visualkan apa adanya. Tak perlu dipoles dadakan supaya kinclong. Sebab namanya barang bekas wajar saja ada lecet atau baret karena pemakaian. Di sinilah salah satu letak kejujuran penjual.

Kemudian sampaikan plus minus barang. Apalagi barang bekas tak semua mulus dan oke 100 persen. Kalau ada minus, sebutkan di keterangan promosi atau iklan.

"Misal jual perangkat elektronik, kalau ada tombol yang tidak berfungsi, sebutkan saja di keterangan kondisi barang," terangnya.

Selanjutnya adalah iklankan barang di marketplace ternama. Jika belum punya akun, daftar dulu. Tidak sulit proses registrasinya.

Perbanyak promosi, melalui medsos di grup jual beli, timeline atau grup chatting maupun broadcast. Ini akan memperluas jangkauan promosi barang.

Terakhir adalah pelayanan. Karena sistem jualan online ini 24 jam. Maka kita harus tanggap dan responsif. Bisa saja pada jam tengah malam ada yang menghubungi via telepon, sms, whatsapp atau messenger.

"Kalau kita masih bisa tanggapi. Segera tanggapi. Tapi kalau kita lagi di jalan, ada acara atau saat itu lagi tidur, maka setelahnya segera respon. Sebelumnya sampaikan permohonan maaf atas keterlambatan respon dari kita. Ini akan membuat calon pembeli memakluminya," pungkas Budi.

Jika barang dikirim melalui jasa kurir maka pastikan dikemas rapi dan aman, supaya barang diterima dalam keadaan utuh dan tanpa cacat.

Bagaimana, sudah paham kan? Demikian beberapa strategi jualan online yang semoga bisa membuat barang Anda cepat laki dan jadi penjual recommended.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved