Kabar Haji

Jamaah Lansia Rentan Penyakit Dampak Suhu Udara Panas di Tanah Suci, Calon Haji Perlu Siapkan Ini

PALANGKARAYA - Kepala Kementerian Agama Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, H Baihaqi, mengingatkan kepada Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang akan bera

Jamaah Lansia Rentan Penyakit Dampak Suhu Udara Panas di Tanah Suci, Calon Haji Perlu Siapkan Ini
tribunkalteng.com/faturahman
Rapat persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Kalteng di Asrama Haji Al Mabrur Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Cuaca ekstrem dengan suhu mencapai 48 derajat celcius di tanah suci, akan menjadi tantangan tersendiri bagi para jamaah calon haji pada 2019.

Dalam kondisi cuaca yang jauh lebih panas, para jamaah calon haji perlu melakukan berbagai persiapan termasuk fisik.

Kepala Kementerian Agama Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, H Baihaqi, mengingatkan kepada Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang akan berangkat dalam tahun 2019 ini, agar banyak minum air putih, makan buah, vitamin serta mengurangi bepergian keluar pemondokan saat di Arab Saudi.

Dikatakan, Baihaqi, suhu udara di Arab Saudi dalam musim haji tahun 2019 ini, cukup tinggi hingga mencapai 48 derajat celcius bahkan bisa naik mencapai 52 derajat celsius sehingga calhaj harus benar-benar menjaga stamina tubuh saat melakukan rangkaian ibadah haji tersebut agar tidak sakit.

Jamaah Calon Haji Kalteng Bakal Naik Bus ke Embarkasi Syamsuddin Noor? Begini Penjelasan Pemprov

Ternate Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, Warga Panik Berlarian Keluar Rumah

Viral Pria Tampar Pengendara Sepeda Motor, Langsung Tumbang Setelah Dikepruk Helm, Gegara Ini

Diakui dia, calhaj yang paling rentan terserang penyakit dampak peningkatan suhu udara saat musim panas tersebut adalah yang umurnya tua, atau lansia,sehingga diharapkan kondisi tubuh benar-benar harus fit ketika menjalankan rangkaian ibadah haji dalam tahun 2019 ini di Arab Saudi.

"Tahun ini Calhaj Kota Palangkaraya mencapai 323 orang dan rencananya akan ada tambahan mencapai 14 orang lagi sehingga jumlahnya mencapai 337 orang, selayaknya Bulan Juli ini sudah berangkat, tapi kami masih menunggu dari Provinsi," ujarnya lagi.

Dikatakan soal rencana penambahan quota haji tahun ini, se -Indonesia dapat 10 ribu calhaj sehingga Kalteng dapat 303 , untuk Kota Palangkaraya dapat tambahan 14 orang.

"Untuk quota Kalteng mencapai seribu enam ratusan dengan penambahan tersebut,"ujarnya. (Tribunkalteng.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved