Pilgub Kalteng 2020

September 2019 Tahapan Pilgub Kalteng 2020 Dimulai, Anggaran Capai Setengah Triliun

Tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Kalteng dalam beberapa bulan ke depan akan dimulai.

September 2019 Tahapan Pilgub Kalteng 2020 Dimulai, Anggaran Capai Setengah Triliun
tribunkalteng.com/faturahman
Sekda Prov Kalteng, Fahrizal Fitri. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Kalteng dalam beberapa bulan ke depan akan dimulai.

Untuk agenda lima tahunan ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menganggarkan dana hibah pada 2019 mencapai Rp500 miliar lebih atau setengah triliun lebih.

Dana tersebut diambil dari APBD perubahan 2019 dan APBD murni 2020 yang akan dibicarakan lagi secara intensif dengan penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu serta aparat keamanan untuk pelaksnaannya mendatang.

Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri, Jumat (5/7/2019) mengatakan untuk sementara ini pihaknya baru mendapatkan usulan anggaran pelaksanaan Pilgub Kalteng dari KPU dan Bawaslu sedangkan untuk anggaran dari pihak kepolisian atau lembaga keamanan lainnya belum dibicarakan.

Habib Ismail Siap Maju Jalur Independen di Pilgub Kalteng 2020, Bakal Berhadapan dengan Sugianto?

Liga 1 2019 - Minggu Ini, Tuan Rumah Kalteng Putra Vs PSS Sleman Berasa Main Sebagai Tim Tamu

Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil, Bendaharawan Kantor Pajak Palangkaraya Jadi Korban

"Anggaran sementara yang dianggarkan mencapai Rp 500 miliar lebih, karena usulan dari KPU mencapai Rp 356 miliar sedangkan usulan Bawaslu untuk operasional pelaksanaan Pilgub mencapai Rp 122 miliar sedangkan kemanan belum mengusulkan," ujar Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri, Jumat (5/7/2019).

Dikatakan dia, dana tersebut masih akan mereka susun untuk direalisasikan secara bertahap dalam dua tahun anggaran yakni tahun 2019 dan tahun 2020.

"Sementara ini usulan kami susun dulu dan menunggu usulan dari aparat keamanan, yang sampai saat ini belum diusulkan," ujarnya.

Penggunaan anggaran sendiri dilakukan secara bertahap dari tahap awal pelaksanaan Pilgub Kalteng tahun 2019 ini, diperkirakan Bulan September 2019 akan sudah dimulai tahapan awal pelaksanaan Pilgub Kalteng.

"Nanti akan kami intensifkan lagi rapat soal anggaran Pilgub Kalteng," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalteng, HM Asera mengatakan, Pilgub Kalteng tahun 2020 mendatang, diperkirakan akan diikuti oleh tiga pasangan calon dari kalangan partai dan perorangan.

"Potensinya ada enam pasang, saya berharap semakin banyak calon semakin baik, karena banyak alternantif, pilihannya," ujarnya. Tribunkalteng.com/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved