Kabar Seruyan

Dapat Izin Kemenhub, Pelabuhan Segintung Seruyan Masih Menunggu Hasil Ini Sebelum Beroperasi

Beberapa tahun lalu sejak dibangun, Pelabuhan Laut Segintung di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, sepertinya ada tanda-tanda bakal

Dapat Izin Kemenhub, Pelabuhan Segintung Seruyan Masih Menunggu Hasil Ini Sebelum Beroperasi
Antara
Pelabuhan Teluk Segintung, Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAPEMBUANG - Beberapa tahun lalu sejak dibangun, Pelabuhan Laut Segintung di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, sepertinya ada tanda-tanda bakal segera dioperasikan.

Itu setelah Pelabuhan Segintung siap sudah dapat izin dari pihak terkait.

Untuk operasional pelabuhan tersebut, masih akan dilakukan uji sandar kapal yang akan dilakukan oleh instansi terkait di tingkat pusat yang akan menggunakan pelabuhan itu melayani kapal-kapal besar penumpang maupun kapal pengangkut barang.

Pelabuhan Segintung di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan diharapkan akan menambah ramai operasional pelabuhan yang ada di Kalimantan Tengah, karena pelabuhan ini berada di pinggir laut Jawa, bahkan kapal bertonase besar bisa sandar di pelabuhan tersebut.

Inilah Penyebab Pelabuhan Segintung Kuala Pembuang Belum Beroperasi

Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas Diunggulkan di GP Austria, Berikut Jadwal Balapan Formula 1

Truk Fuso Terbakar di Jalan PM Noor Palangkaraya, Diduga Ini Penyebabnya

Bupati Seruyan, H Yulhaidir, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan izin untuk operasional Pelabuhan Segintung dari Dirjen Perhubungan Laut pada 11 Juni 2019 lalu, saat ini untuk mengoperasionalkannya tinggal menunggu uji sandar kapal.

"Izin operasional sudah ada, kini tinggal uji sandar kapal saja yang akan menggunakan pelabuhan tersebut, termasuk mencari investor yang siap untuk melakukan aktivitas bongkar muat barang maupun penumpang di pelabuhan tersebut," ujarnya.

Dikatakan, operasional pelabuhan tersebut nantinya menjadi otoritas Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) yang ditunjuk Dirjen Perhubungan Laut yang akan mengelola atau melaksanakan aktivitas di Pelabuhan Teluk Segintung, karena UPP memiliki kewenangan penuh dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan di Pelabuhan Segintung tersebut.

Meskipun fisik pelabuhan tersebut sudah siap dipakai untuk kegiatan bongkar muat barang melalui kapal barang maupun kapal penumpang, namun jalan menuju pelabuhan masih dikeluhkan karena, jalan dari Muara Bangkal ke Pelabuhan Sagintung masih belum beraspal.

Tribunkalteng.com /faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved