Pilpres 2019

Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2019 di MK, Cawapres KH Ma'ruf Amin Beri Kejutan Kepada Kuasa Hukum

Kejutan diberikan Cawapres pasangan 01, KH Maaruf Amin kepada seluruh tim hukum yang menjadi pengacara di Mahkamah Konstitusi (MK).

Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2019 di MK, Cawapres KH Ma'ruf Amin Beri Kejutan Kepada Kuasa Hukum
Istimewa
KH Maruf Amin mengenakan kopiah kepada Hermawi Taslim di kediamannya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/02/2019). 

TRIBUNKALTENG.COM - Kejutan diberikan Cawapres pasangan 01, KH Maaruf Amin kepada seluruh tim hukum yang menjadi pengacara di Mahkamah Konstitusi (MK).

Para anggota tim kuasa hukum mendapat kopiah dari KH Maaruf Amin di kediamannya Jalan Situbondo,, Jakarta Pusat, Selasa (26/06/2019).

Momen tersebut terjadi satu hari sebelum pengumuman keputusan pemenang Pilpres 2019. KH Maaruf Amin mengenakan kopiah tersebut kepada masing-masing anggota Tim Hukum.

Menurut salah satu anggota Tim Hukum Pasangan Jokowi-Amin di MK, Hermawi Taslim, mereka terpana dengan apa yang dilakukan KH Maaruf Amin kepada mereka. Taslim menegaskan, itu tindakan yang luar biasa dan sangat ke”bapak”an.

“Suasana tadi di rumah beliau, sangat kekeluargaan. Kami diterima layaknya seorang anak yang kembali ke orangtuanya. Senyum simpul orangtua menyambut kedatangan kami semua. Kami semua dibuat terkejut karena mendapat kopiah dan sekaligus beliau memasangkan kopiah tersebut ke kepala kami masing-masing,” cerita Hermawi Taslim, yang juga Wadir Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin.

Gugatan 02 di Mahkamah Konstitusi, Refly Harun: Maruf Amin Jadi Sasaran Empuk

Empati dan Merindukan Nasihat Ulama, Ini 10 Pesan Imam Al Ghazali bagi Pemimpin atau Kepala Negara

Viral Video Ifan Seventeen Digerebek dengan Citra Monica, Ini Hasil Visum Dugaan Perzinahan

Taslim menambahkan, mereka semua dibuat terpana karena sikap yang sangat kebapakan. Entah idari mana datangnya ide KH Maaruf Amin memberikan kopiah, yang merupakan topi nasional bangsa Indonesia. Sungguh luar biasa dan Tim Hukum menganggap pemberian itu sangat tidak ternilai.

Maaruf Amin menyatakan latar belakang mengapa memberi kopiah bahwa dirinya sangat menghargai jerih payah semangat juang tim pengacara pasangan 01 di MK itu. Tim Hukum dinilai oleh Maaruf Amin, menunjukkan kekompakan dan soliditas di hadapan bangsa Indonesia, yang mengikuti sidang-sidang MK untuk memutuskan sengketa pilpres pada 17 April 2019 lalu.

“Saya kira masyarakat luas yang ikut menyaksikan siaran langsung persidangan sudah dapat memperkirakan pihak mana yg memenangkan perkara itu, terutama jika dilihat dari dali-dalil dan para saksi yg ditampilkan selama persidangan. Sidang MK ini merupakan gong dari seluruh proses pilpres yang kita lalui” ujar Maaruf Amin, sebagaimana dikutip oleh Hermawi Taslim

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyatakan rasa bangganya dengan apa yang telah ditunjukkan oleh Tim Hukum TKN yang selama hampir setahun telah mengawal seluruh aspek hukum terkait dengan pilpres ini.

c
Kekeluargaan - suasana pertemuan antara Tim Hukum di MK dari pasangan Jokowi-Amrin dan KH Maaruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/06/2019) (Istimewa)

“KH Maaruf Amin juga memberi pengarahan dan berharap jika Pak Jokowi dan dirinya memenangkan kontestasi ini, ia berharap agar tim hukum ini kelak bisa mendampingi mereka dlm menjalankan pemerintahan,” tegas Maaruf Amin

Di akhir pertemuan, KH Maaruf Amin, mengenakan kopiah hitam kepada seluruh anggota tim pengacara dan berpesan agar kopiah tersebut dikenakan selama mengikuti persidangan. Menurut Taslim, agenda persidangan pada Kamis ini (27/06/2019) adalah pembacaan keputusan Sidang Hakim MK.

“Kopiah ini akan kami pakai selama sidang, Itu pesan Kyai. Dan, secara jujur dan tulis kami katakan, kami bangga mengenakan kopiah ini. Tanpa disuruhpun, kopiah itu akan kami kenakan dan bahkan pada waktu-waktu mendatang mengingat kopiah ini memiliki nilai sejarah,” ujar Hermawi Taslim, yang juga Wasekjen Partai Nasdem ini.

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved