Suara Dentuman Disertai Getaran Misterius Bikin Geger, BMKG Bilang Begini

Munculnya suara dentuman yang disertai getaran, sempat dialami warga Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (11/6/2019).

Suara Dentuman Disertai Getaran Misterius Bikin Geger, BMKG Bilang Begini
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKAL PINANG - Munculnya suara dentuman yang disertai getaran, sempat dialami warga Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (11/6/2019).

Informasi yang dirangkum Kompas.com, dentuman dirasakan sebagian besar warga di Belitung. Meskipun bunyi dentuman terdengar dari tempat yang jauh, getarannya terasa hingga ke rumah warga.

Getaran terasa pada Selasa sekitar pukul 19.30 WIB. Getaran dirasakan warga di daerah Stadion Pangkal Lalang Aik Merbau. Warga dilaporkan mendengar bunyi ledakan dan merasakan getaran di dalam maupun luar rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa membenarkan kejadian itu.

Zodiak Hari Jumat 14 Juni 2019: Ramalan Scorpio Pilih Keluarga, Cancer Ceria, Senyum Aries Seharian

Sempat Terdengar Suara Gemuruh, Jalan Raya Gubeng Surabaya Lalu Ambles Sedalam 20 Meter

Jadwal Siaran Langsung Barito Putera vs Kalteng Putra, Persib Bandung vs Madura United Liga 1 2019

Wawancara Khusus dengan Direskrimum Polda Kalteng, Ternyata Jaringan Teroris Sudah 6 Bulan Diintai

"(Penyebab) masih perlu diteliti kembali. Namun, kejadian getaran tanah didahului dengan dentuman persis kejadian di Jebus Bangka Barat," kata Mikron.

Hanya saja kejadian di Jebus, penyebabnya sebagai bagian dari gempa bawah laut.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkal Pinang, Kurniaji tak menampik adanya kejadian itu. Namun, Kurniaji menyatakan belum bisa berkomentar apa pun terkait penyebab dari kejadian itu.

"Dari PGR Wilayah VI belum menginformasikan adanya aktivitas gempa di Tanjung Pandan semalam," kata Kurniaji saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (12/6/2019).

Mengutip dari Tribunnews, Kurniaji meragukan bahwa getaran tersebut terjadi karena adanya gempa. Sebab, jika memang gempa, maka sistem dari BMKG akan langsung merekam gempa tersebut, baik BMKG Padang Panjang atau pun pusat kegempaan BMKG Jakarta.

Namun, saat ia mencoba untuk mengkonfirmasi perihal gempa tersebut, tidak mendapatkan adanya data terjadi aktivitas gempa di wilayah Belitung.

Ia juga mengatakan adanya keganjilan jika gempa terlebih dahulu dimulai dengan ledakan, karena umumnya gempa bumi berasal langsung dari bawah permukaan bumi, sehingga tidak menyebabkan ledakan.

"Mungkin bisa saja dikarenakan adanya aktivitas eksternal daratan, seperti pemotongan batu gunung atau aktivitas proyek lainnya. Kalau memang gempa biasanya gak ada ledakan, memang getaran yang berasal dari dalam bumi," kata Kurniaji.

(Penulis : Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved