Densus 88 Gerebek Barak di Palangkaraya

Total 33 Orang Kelompok JAD Diamankan Polisi, Anak Hingga Dewasa, ke Kalteng Ingin Tenangkan Diri

Total 33 Orang Kelompok JAD Diamankan Polisi dari Anak Hingga Dewasa, ke Kalteng Ingin Tenangkan Diri

Total 33 Orang Kelompok JAD Diamankan Polisi, Anak Hingga Dewasa, ke Kalteng Ingin Tenangkan Diri
banjarmasinpost.co.id/faturahman
Ekspos Kasus barbuk hasil Penggerebekkan terduga kawanan teroris jaringan JAD yang ingin melakukan Unslah di Kalteng . Dalam penggerebekkan di Palangkaraya dan Gunungmas diamankan sebanyak 33 orang dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan penyidik kepolisian setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Setelah melalui pendalaman kasus penggerebekkan di Jalan Pinus Permai III Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Palangkaraya oleh Densus 88 Mabes Polri dibantu Ditreskrimum Polda Kalteng dan Polres Palangkaraya, akhirnya terungkap para pelaku yang diamankan.

Dalam Konferensi Pers dilakukan oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat, Selasa (11/6/2019) terungkap ada dua tempat penangkapan yakni di Palangkaraya dan Kabupaten Gunungmas.

Anang Revandoko menjelaskan, dari penangkapan di Palangkaraya, Senin (10/6/2019) ada 15 orang yang diamankan sedangkan di Gunungmas ada 18.

Jumlah keseluruhan yang diamankan polisi dalam penggerebekkan tersebut mencapai 33 orang. 

Ada Buku Tentang ISIS & Semacam Serbuk dari Kelompok JAD di Kalteng, Jihandak Lakukan Pengujian

Penangkapan 25 Terduga Teroris di Palangkaraya dan Gunungmas, Diduga Terkait JAD

Penangkapan 25 Terduga Teroris di Palangkaraya dan Gunungmas, Diduga Terkait JAD

Mereka ini adalah kelompok ingin Unslah yakni menenangkan diri, melakukan pelatihan dan mencari logistik sebelum beraksi.

Sebanyak 33 orang itu merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) asal Aceh, pelaku berinisial T dan H adalah sisa pelaku terduga teroris kelompok Abi Hamzah, merupakan perakit bom yang ada di Gunung Salak Aceh tergabung dalam JAD.

"Mereka ini, sudah dibaiat (sumpah setia) pada Abu Bakar al Bahkhadi, merupakan pimpinan ISISs, di Irak dan Syiria. Mereka memiliki tujuan ingin mengubah ideologi negara NKRI menjadi Khilafah. Di Kalteng yang diamankan bergabung dua kelompok dari Aceh dan ada juga kelompok dari Makassar," ujarnya.

Menurut Kapolda, ada dua orang yang jadi DPO pihaknya yang sempat menggelar pelatihan di Aceh, sudah diamankan. Mereka ini ingin berangkat ke Jakarta, namun sebelumnya kumpul di Palangkaraya.

"Mereka ini sempat melakukan pelatihan di Aceh namun keburu ketahuan sehingga kabur berpencar ke Medan dan Kalteng," ujarnya.

Di Kalteng, mereka ingin melakukan penenangan diri, melakukan pelatihan dan mengumpulkan logistik sebelum berangkat ke Jakarta.

Namun di Kalteng, dilakukan penggerebekkan oleh petugas sehingga gagal untuk melakukan Unslah.

"Saat ini, ada sebagian yang diamankan di panti sosial yakni anak-anak dan perempuan. Kami masih menunggu sebanyak 18 orang yang ditangkap di Gunungmas, saat ini masih dalam perjalanan menuju Palangkaraya. Kasus ini masih berproses," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/fatturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved