Kabar Kalimantan

Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Kalimantan Utara, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

Berdasarkan data analisis BMKG, gempa bumi terjadi Selasa (11/06/2019), pukul 13.45.58 WITA, wilayah Kalimantan Utara itu berkekuatan magnitudo 4,7 SR

Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Kalimantan Utara, BMKG Minta Warga Tetap Tenang
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - SEbagian warga Tanjung Selor, Kalimantan Utara, merasakan getaran gempa pada Selasa (11/6/2019) siang.

Berdasarkan data analisis BMKG, gempa bumi terjadi Selasa (11/06/2019), pukul 13.45.58 WITA, wilayah Kalimantan Utara itu berkekuatan M 4,7.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, lokasi episenter terletak pada koordinat 2,62 LU dan 117,22 BT. Dengan kata lain, pusat gempa berada di darat pada jarak 40 km arah Tenggara Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara pada kedalaman 14 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquakes) akibat aktifitas Sesar Maratua," ungkap Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG.

Pisces dan 4 Zodiak Ini Suka Manfaatkan Kebaikan Orang Lain, Aries dan Leo Tak Masuk Daftar

Lion Air Alami Kesulitan Keuangan, Minta Penundaan Pembayaran Jasa Bandara ke AP

Digerebek Setelah 10 Hari Tinggal di Barak Palangkaraya, Keluarga Ini Tak Pernah Lapor

Ramalan Zodiak Hari Rabu 12 Juni 2019: Lelah dan Lemahnya Cancer, Cobaan Bagi Leo, Hari Biasa Aries

"Struktur sesar ini termasuk sesar aktif yang berarah tenggara-barat laut, yang jalurnya melintas dari Tanjung Mangkalihat hingga Daerah Muara Pangean," imbuhnya.

Menurut pria asal Semarang itu, hasil monitoring BMKG selama ini memang menunjukkan banyak aktivitas gempa kecil di sepanjang jalur sesar ini.

"Hasil analisis sumber gempa menunjukkan gempa signifikan ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar geser cenderung ke arah kiri (strike-slip sinistral)," kata Daryono.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, dampak gempa ini berupa guncangan yang dirasakan di daerah Tanjung Selor dan sekitarnya dengan skala intensitas II-III MMI. "

Beberapa warga dilaporkan sempat berlarian ke luar rumah akibat panik dan terkejut karena guncangan yang terjadi secara tiba-tiba," ujar Daryono.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved