Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Ibnu Elmi: Pahami Causa Prima Lima Sila

Peringatan ini tidak hanya sebagai acara seremonial, tapi lebih pada memahami causa prima dari kelima sila dari Pancasila.

Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Ibnu Elmi: Pahami Causa Prima Lima Sila
Istimewa
Ibnu Elmi AS Pelu

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sabtu, 1 Juni 2019, merupakan hari lahiIrnya Pancasila. Peringatan ini tidak hanya sebagai acara seremonial, tapi lebih pada memahami causa prima dari kelima sila dari Pancasila.

"Pancasila sebagai identitas kepribadian bangsa Indonesia diharapkan menjadi dasar bagi pembangunan bangsa yang bernilai religius, beradab, mementingkan persatuan, nilai kepemimpinan nasional serta mendorong lahirnya keadilan dalam strata sosial di negara yang majemuk ini," ujar Ibnu Elmi AS Pelu kepada Tribunkalteng.com, Jumat (31/5/2019).

Mantan Rektor IAIN Palangkaraya yang juga anggota Tim Percepatan Pembangunan Kalteng ini menyatakan, pemahaman ini yang hendaknya dipahami oleh segenap anak bangsa. Sebab bagaimanapun, Pancasila tidak hanya sebuah dasar negara, tapi juga lahir dalam sebuah perenungan panjang yang menjadi jati diri bangsa Indonesia sejak dahulu.

Hari lahirnya Pancasila 2019 yang jatuh pada 1 Juni merupakan tahun ketiga dijadikan sebagai hari libur nasional.

Hari Lahir Pancasila ke-74, Inilah Sejarahnya,Tokoh yang Berperan hingga Pidato Soekarno

Ayah dan Anak Angkat Ditemukan Tak bernyawa, Ada Bekas Pukulan, Begini Kondisinya

Ekspresi Kesenangan Syahrini Saat Kelakukan Reino Barack di Mall, Emak Fans Syahreino Menang Banyak

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, pada 1 Juni 2016.

Pada usianya yang ke-74, Pancasila juga harus dijadikan landasan warga negara dalam berpikir maupun bertindak. Apalagi menilik pada nilai sejarahnya, Bangsa Indonesia yang majemuk harus tetap memelihara kokohnya persatuan dalam bingkai NKRI.

"Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini hendaknya juga menjadi renungan bersama dalam upaya menanamkan rasa persatuan dalam konteks kebhinnekaan," timpal Ibnu. (Tribunkalteng.com/Mustain Khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved