Rahasia Dapur

Kue Kering Bikinan Sendiri Buat Lebaran Kok Keras? Simak Tips Membuat Kue Lebaran yang Renyah

Membikin sendiri kue kering mungkin bisa jadi pilihan. Apalagi berbagai resep kue kering yang enak pasti bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Kue Kering Bikinan Sendiri Buat Lebaran Kok Keras? Simak Tips Membuat Kue Lebaran yang Renyah
TribunStyle
Ilustrasi - Kastengel Finger Cookies 

TRIBUNKALTENG.COM - Cuti bersama Idulfitri 2019 telah dimulai. Bagi yang akan merayakan lebaran bersama keluarga, tak ada salahnya mulai menyiapkan diri untuk membuat sajian yang akan disuguhkan kepada para tamu.

Kue kering pun menjadi tradisi yang wajib tersedia di rumah. Sebab, lebaran adalah saatnya bersilahturahim, saling mengunjungi sanak saudara hingga kerabat.

Membikin sendiri kue kering mungkin bisa jadi pilihan. Apalagi berbagai resep kue kering yang enak pasti bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Sayangnya, tidak semua resep tersebut bisa menghasillkan kue kering yang sempurna seperti yang Anda inginkan.

Mudah dan Praktis Mengolahnya, Ini Resep Berikut Cara Mengolah 5 Kue Lebaran Paling Dicari

Piala Dunia U-20 - Amerika Serikat Tekuk Qatar dan Nigeria Bungkam Ukraina, Lolos ke Babak 16 Besar

Ramalan Cinta Zodiak Jumat 31 Mei 2019, Capricorn Perlu Sendiri, Aquarius Ingin Serius, Aries Santai

"Sebaiknya jangan menelan mentah-mentah semua resep yang dibaca. Resep hanya sekadar panduan, namun hasilnya mengikuti selera Anda," tukas Chef Bara Pattiradjawane kepada Kompas Female, sesaat setelah demo masak Colorful Ramadhan di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7/2012) lalu.

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika membuat kue kering adalah teksturnya yang terlalu keras. Menurut Bara ada beberapa penyebab kue kering ini bisa menjadi keras, antara lain:

1. Pemanggangan terlalu lama

Selain kue jadi lebih cepat gosong, pemanggangan kue yang terlalu lama juga akan membuat kue kering jadi terlalu keras. "Waktu ideal pemanggangan kue kering maksimal 20 menit," tukasnya.

Sedangkan tingkat panas yang digunakan berkisar antara 130-170 derajat Celcius. Ia menambahkan bahwa tingkat panas ini tergantung pada jenis dan adonan kue.

Semakin cair tekstur adonan (misalnya pada kue sagu keju, semprit dan lain-lain) ini maka temperatur yang dibutuhkan pun semakin tinggi. Sedangkan untuk jenis kue yang mudah dicetak atau dibentuk seperti nastar atau kastengel maka temperaturnya sekitar 130 derajat celcius.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved