Idulfitri 2019

Begini Rasulullah SAW Ucapkan Selamat Idul Fitri, Minail Aidin Bukan Permintaan Maaf

Namun sebenarnya secara harfiah Minal Aidin Wal Faizin berarti 'Semoga Anda termasuk orang-orang yang kembali dan termasuk orang yang beruntung'.

Begini Rasulullah SAW Ucapkan Selamat Idul Fitri, Minail Aidin Bukan Permintaan Maaf
google image
Selamat Idul Fitri_Lebaran

TRIBUNKALTENG.COM - Idulfitri 1440 H sudah di depan mata. Hari kemenangan ini diperkirakan diperkirakan akan jatuh pada 5 Juni 2019 mendatang.

Selain kuliner khasnya, ada juga ucapan yang begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia di Idulfitri.

Setiap orang muslim di Indonesia akan beramai-ramai mengucapkan 'Minal Aidin Wal Faizin' yang kemudian disambungkan dengan kalimat 'Mohon maaf lahir dan batin'.

Tapi apakah Minal Aidin Wal Faizin berarti mohon maaf lahir dan batin?

Gomes De Oliveira Ungkap Penyebab Kekalahan Kalteng Putra dari Perseru Badak Lampung

Peringatan Dini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi: Waspada Gerakan Tanah di Aceh

Potong Kepala Istri karena Tuduhan Selingkuh, Pria Ini Bikin Geger Kantor Polisi

Dikutip dari BangkaPos (tayang 3 Juli 2016) yang melansir laman pintarin dan Kabar Makkah, asal muasal ucapan Mohon maaf lahir batin tersebut belum diketahui darimana dan siapa yang memulainya.

Namun sebenarnya secara harfiah Minal Aidin Wal Faizin berarti 'Semoga Anda termasuk orang-orang yang kembali dan termasuk orang yang beruntung'.

Di Arab sendiri, ucapan 'Minal Aidin Wal faizin' tidak pernah didengar lo.

Bahkan tidak ada hadits atau ayat yang menjelaskan tentang kesunnahan melafazkan ucapan 'Minal Aidin Wal Faizin'.

Sebaliknya, Rasulullah dan para sahabatnya ketika Lebaran senantiasa mengucapkan kalimat 'Taqabbalallahu Minna Wa Minkum'.

Diriwayatkan dari Khalid bin Ma'dan, ia berkata, "Aku bertemu Watsilah bin Asqa' pada hari Raya. Aku katakan padanya: Taqabbalallahu minna wa minka. Watsilah menanggapi, 'Aku pernah bertemu Rasulullah Muhammad SAW pada hari raya, lantas aku katakan 'Taqabbalallahu minna wa minka'.

Beliau menjawab, 'Ya, Taqabbalallahu minna wa minka."

Riwayat ini memberikan benang merah, ucapan 'Taqabbalallahu minna wa minka' merupakan bacaan yang disyariatkan (masyru') dan hukum mengucapkannya sunnah.

Oleh karenanya, ucapan Lebaran Minal Aidin Wal Faizin saja sebenarnya kurang tepat jika diungkapkan untuk meminta maaf, karena arti Minal Aidin Wal Faizin bukan permintaan maaf.

Sebaiknya jika ingin meminta maaf cukup dengan mengucapkan "mohon maaf lahir batin", lebih afdhol lagi jika diawali dengan berdoa seperti riwayat di atas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved