Blokir Instagram, Facebook, WhatsApp Dibuka, Fitur Foto dan Video Sudah Bisa Digunakan

Blokir Instagram, Facebook, WhatsApp Dibuka, Fitur Foto dan Video Sudah Bisa Digunakan

Blokir Instagram, Facebook, WhatsApp Dibuka, Fitur Foto dan Video Sudah Bisa Digunakan
Tribunkaltim.co
ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Kementerian informasi dan komunikasi (Kemeninfo) membuka blokir pada akses media sosial Instagram, Facebook, WhatsApp pada hari Sabtu (25/5/2019).

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenifo membatasa penggunaan sosial media, khususnya untuk fitur foto dan video saat terjadi demo dan kerusuhan Rabu (22/5/2019) lalu di Jakarta.

Pantauan Tribunkalteng.com, blokir mulai dibuka sekiatr pukul 14.00 WIB, sehingga akses Facebook, WhatsApp dan Instagram kebali seperti sedia kala.

Media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp sempat dibatasi aksesnya di Indonesia demi menekan kabar hoaks yang beredar pascakerusuhan 22 Mei yang membuat situasi semakin panas.

Pakai Aplikasi VPN, Wanita Ini Mengaku Saldo ATM-nya Ludes

Bupati ke Toilet Sampai Tiga Kali, Korban Keracunan di Kapuas Capai 155 Orang

Kominfo tidak membatasi seluruh akses ke media sosial, tetapi hanya beberapa fitur yang rawan disalahgunakan, yakni berbagi foto dan video.

WhatsApp dibatasi tidak bisa mengirim dan menerima foto dan video. Facebook dan Instagram juga mendapat perlakuan sama.

Sebelumnya, menurut Rudiantara, pemblokiran ini akan kembali dibuka jika situasi sudah kondusif. Itu pun bergantung pada instruksi pihak keamanan.

Pembukaan blokir Instagram, Facebook, WhatsApp sekaligus menepis kabar yang sebelumnya beredar, pembatasan akses media sosial itu berlansung sampai 10 hari, bahkan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Namun, alasan utama pembukaan blokir Instagram, Facebook, WhatsApp adalah kondisi dan situasi pasca 22 Mei 2019 telah kondusif.

"Situasi sudah kondusif sehingga pembatasan akses fitur video dan gambar pada media sosial dan instant messaging difungsikan kembali," kata Menkominfo Rudiantara dalam pesan tertulis kepada KompasTekno, Sabtu (25/5/2019).

Halaman
1234
Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved