Ramadhan 2019

Yang Terjadi di Malam Lailatul Qadar, Dosa 4 Kelompok Manusia Ini yang Tak Diampuni

malam itu menurut keterangan jumhur ulama, Allah SWT menakdirkan segala urusan, hukum, rezeki dan ajal untuk jangka selama setahun

Yang Terjadi di Malam Lailatul Qadar, Dosa 4 Kelompok Manusia Ini yang Tak Diampuni
Ist
LAILATUL QADAR 

TRIBUNKALTENG.COM -Lailatul Qadar merupakan salah satu keistimewaan yang paling diburu dalam Ramadhan (KBBI: Ramadan).

Betapa tidak, beribadah pada malam itu pahalanya setara dengan dengan 1.000 bulan.

Kemuliaan Lailatul Qadar tak hanya karena malam itu turunnya Al Quran, tapi juga malam itu menurut keterangan jumhur ulama, Allah SWT menakdirkan segala urusan, hukum, rezeki dan ajal untuk jangka selama setahun, kemudian menyerahkan keputusan dan takdir-Nya itu kepada para malaikat, masing-masing menurut bidang tugasnya yang telah ditentukan.

Lebih jauh Ustadz Suriani SAg SPdI menjelaskan, kepada Jibril diserahkan catatan rahmat dan azab, kepada Mikail catatan tumbuh-tumbuhan dan rezeki.

Apakah Malam Ini Malam Lailatul Qadar 21 Ramadan 1440 H, Simak Cirinya Menurut Ustadz Abdul Somad

Tanda Kemunculan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan 1440, Ini Amalan Doa Nabi Muhammad SAW

Selingkuh dengan Kakak Ipar, Oknum PNS Kantor Camat Ini Rekam Video Mesra di Ranjang dan di Pantai

Suami Istri Tewas dengan Luka Tusuk di Kebun Karet, Begini Kesaksian Anak Korban

"Kepada Israfil catatan hujan, angin dan keadaan cuaca serta kepada Izrail catatan nyawa dan ajal," jelasnya.

Lanjutnya, berkata Imam Ar Razi, "Apabila fajar Lailatur Qadar menyingsing, maka berserulah malaikat Jibril kepada para malaikat; siap-siaplah untuk berangkat.

Lalu bertanyalah para malaikat; hai Jibril, apakah yang akan diperbuat oleh Allah kepada ummat Rasulullah?" Jibril menjawab bahwa Allah akan mengampuni dosa umat Nabi Muhammad, kecuali empat orang, yaitu pemabuk, pendurhaka orangtua, pemutus silaturahim dan orang yang suka berkelahi.

Rasulullah bersabda, " Barang siapa shalat dua rakaat di malam Lailatul Qadar, membaca surah Al Fatihah sekali dan Al Ikhlas dalam tujuh kali dalam setiap rakaatnya. Kemudian sesudah salam beristigfar 70 kali, ia tidak berdiri dari tempatnya melainkan telah diampuni oleh Allah dosa-dosanya, dosa-dosa kedua orangtuanya.

Dibangunkan baginya gedung-gedung di surga lengkap dengan pohon yang rindang dan sungai-sungai yang mengalir, sehingga tidak keluar dari dunia melainkan sudah melihat itu semuanya."

"Saudara-saudaraku seiman dan seakidah, mari lebih kita tingkatkan amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan ini, terlebih lebih lagi di sepuluh terakhir Ramadhan, semoga kita mendapatkan Lailatul Qadar. Amin," pungkas Suriani.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved