Idulfitri 2019

Gratis 40 Kg Bagasi, Harga Tiket Kapal Laut Jelang Mudik Lebaran Dipastikan Tidak Naik

Jalur kapal laut menjadi alternatif setelah harga tiket pesawat yang melambung menjelang arus mudik lebaran.

Gratis 40 Kg Bagasi, Harga Tiket Kapal Laut Jelang Mudik Lebaran Dipastikan Tidak Naik
TRIBUN BATAM/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Kapal Pelni KM Bukit Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa Minggu (9/7/2017) pagi. 

TRIBUNKALTENG.COM, BALIKPAPAN - Jalur kapal laut menjadi alternatif setelah harga tiket pesawat yang melambung menjelang arus mudik lebaran. Tak heran, peningkatan penumpang kapal laut dipastikan terjadi.

Pada jurusan Surabaya, khususnya kapal Pelni yang berangkat dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan, PT Pelni menambah tiga kapal untuk antisipasi meningkatnya jumlah penumpang.

Artinya, total ada delapan kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang mudik selama arus mudik.

Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan Yohanis Banne mengatakan, jadwal peak season kapal Pelni selama dua minggu, yakni H-7 dan H+7 lebaran. Rute penumpang terbanyak Balikpapan- Surabaya. Dalam jadwal keberangkatan kapal, tujuan Surabaya lima kali berlayar dalam seminggu.

LINK LIVE STREAMING Luna Maya Sepanggung dengan Syahrini Istri Reino Barack Live SCTV dan ANTV

Ramalan Zodiak Harian Jumat 24 Mei 2019, Pisces Diapresiasi, Sensitifnya Capricorn & Sukses Aquarius

Jadwal Kapal Laut Semarang ke Kumai dan Ketapang 14 Mei 2019, Pesan Tiket di Sini

Copa America 2019 - Harapan Timnas Argentina Masih di Pundak Megabintang Barcelona, Lionel Messi

Hari Ini Prabowo-Sandiaga Berencana Ajukan Gugatan ke MK, SBY Lega

c
Penumpang kapal laut menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (12/7/2015). (TRIBUNKALTIM.CO/GILBERT ROSOK)

"Adapun rute tujuan kapal Pelni yang berangkat dari Balikpapan, yakni Surabaya, Tarakan, Makasar, Sorong, dan Jayapura," katanya, Rabu (22/5).

Yohanis menyakini harga tiket pesawat yang tergolong mahal akan berimbas pada transportasi laut. Walau begitu harga tiket kapal tidak mengalami kenaikan.

"Harganya sama seperti tahun lalu, tidak ada kenaikan," kata Yohanis. Dia pun memperediksi penumpang yang akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2017 penumpang kapal laut mencapai 24 ribu orang, 2018 naik menjadi 29 ribu orang. Tahun ini diprediksi tembus sampai 30 ribu orang.

Yohanis menambahkan, penumpang diprediksi meningkat pada H-7 Lebaran. Kementerian Perhubungan mengizinkan pengusaha kapal menambah jumlah kursi dengan catatan menyesuaikan kemampuan unit kapal tersebut.

Ia mengimbau kepada penumpang kapal agar tidak membawa barang secara berlebihan, sehingga tidak menyusahkan penumpang itu sendiri.

x
ANGKUTAN MUDIK - Kapal Pelni siap melayani angkutan mudik Lebaran 1440 H. Mulai hari ini, Pelni membuka penjualan tiket tambahan. (IST/HUMAS)

Untuk bagasi barang, PT Pelni menggratiskan maksimal 40 Kg untuk satu orang, itu pun harus menggunakan redpack yang baik.

"Jika lebih dari 40 Kg disarankan menggunakan kargo kapal dengan biaya yang dibebankan kepada penumpang," ucapnya.

Untuk biaya bagasi berbayar bervariasi, tergantung jarak dan tunjuan penumpang. Dengan menggunakan redpack yang baik penumpang tidak perlu lagi kesusahan untuk menggunakan buruh angkut. (dha)

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Mau Mudik Murah Naik Kapal Laut, Harga Tiket Tidak Naik dan Gratis 40 Kg Bagasi

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved