Kajian Islam

Cara Mudah Menghitung Nilai Uang Zakat Fitrah, Ini Waktu yang Afdal Menunaikannya di Ramadhan 1440 H

Zakat fitrah sendiri merupakan rukun Islam yang ketiga dan wajib dikeluarkan oleh umat muslim saat Ramadhan, terlepas dari banyaknya kekayaan, umur,

Cara Mudah Menghitung Nilai Uang Zakat Fitrah, Ini Waktu yang Afdal Menunaikannya di Ramadhan 1440 H
Ist/Dok. Tribunkalteng.com
Ilustrasi - zakat fitrah 

TRIBUNKALTENG.COM - Ramadhan (KBBI: Ramadan) 1440 H sudah memasuki hari ke-17. Selain berpuasa, membayar zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang dikeluarkan oleh setiap muslim.

Zakat fitrah sendiri merupakan rukun Islam yang ketiga dan wajib dikeluarkan oleh umat muslim saat Ramadhan, terlepas dari banyaknya kekayaan, umur, jenis kelaminnya serta posisinya dalam masyarakat.

Atas pengertian tersebut, zakat fitrah hukumnya wajib dan zakat fitrah harus dikeluarkan setahun sekali oleh umat muslim pada saat bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pun jelang Ramadhan 1440 H.

Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Ketentuan Membayar Zakat, Ini Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri & Anak

Hasil Akhir Persebaya vs Kalteng Putra Skor Akhir 1-1, Gol Misbahul Dibalas Wanggai

VIDEO: Polisi Bubarkan Aksi Jelang 22 Mei di Depan Kantor Bawaslu RI

Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :

“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Bagaimana cara menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan?

Rumus cara perhitungan Zakat Fitrah dengan ajaran di Agama Islam yaitu sebesar 1 satu Sha yg berarti 4 Mud dan untuk 1 Mud sendiri bernilai 676 Gram.

Namun untuk cara menghitung zakat fitrah yg lebih sederhana dan sudah di tetapkan ialah 2.5 kilogram atau 3,5 liter untuk makanan pokok seperti beras, kurma, gandum, sagu, jagung dan makanan pokok lainnya.

Sedangkan, untuk jumlah uang yang bisa dibayarkan untuk membayar zakat fitrah sebagai ganti makanan pokok sendiri yaitu harga per kilogram makanan pokok dikali jumlah zakat fitrah yang dibayarkan.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved