Kabar Kapuas

Manfaatkan Demplot Sistem Polybag, Persit Kartika Kodim 1011/Kualakapuas Panen Tanam Sayuran

Sempitnya ketersediaan lahan untuk pertanian, bukan menjadi halangan bagi Kodim 1011/Klk untuk tetap melakukan pengembangan dan budidaya tanaman sayur

Manfaatkan Demplot Sistem Polybag, Persit Kartika Kodim 1011/Kualakapuas Panen Tanam Sayuran
tribunkalteng.com/fadly
Ketersediaan lahan untuk pertanian, bukan menjadi halangan bagi Kodim 1011/Klk untuk tetap melakukan pengembangan dan budidaya tanaman sayuran. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Banyak lahan sempit yang jika digunakan sebenarnya bisa memberikan hasil. Terbukti, demonstrasi plot (demplot) berupa pemanfaatan lahan Kodim 1011/Kualakapuas (Klk), hasilnya kini bisa dirasakan.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXXVII Kodim 1011/Klk Ny Sinta Bambang, beserta anggota melakukan panen cabai, tomat, dan terong perdana di demplot polybag dan lahan perkebunan Makodim 1011/ Klk, Senin (13/5/2019).

Sempitnya ketersediaan lahan untuk pertanian, bukan menjadi halangan bagi Kodim 1011/Klk untuk tetap melakukan pengembangan dan budidaya tanaman sayuran.

Hal ini dibuktikannya dengan memanfaatkan media tanaman dalam polybag yang tertata rapi di belakang Makodim melalui program hijaukan perkantoran dengan tanaman di polybag.

Legiun Asing Kalteng Putra Rafael de Jesus Bonfim, Ingin Juara Liga 1 Bersama Laskar Isen Mulang

Hukum Menipiskan atau Mencukur Alis Menurut Islam, Simak Penjelasannya

Doa Buka Puasa 9 Ramadhan 2019 Serta 6 Anjuran Rasulullah SAW Tentang Berbuka Puasa

Meski baru kali pertama dibuat, jika produksi tanaman melalui demplot bisa dimaksimalkan, akan membawa keuntungan tersendiri bagi para petani.

Hasilnya, kesejahteraan petani bisa ditingkatkan.

Sebab, pada panen perdana, Senin (13/5/2019), mampu menghasilkan per batang yang dipetik sebanyak 15-25 buah cabai warna merah.

Sedangkan yang masih hijau dibiarkan di batang dan dipanen di waktu berikutnya.

Pembuatan demplot bukan hanya dilakukan di makodim, namun juga di lahan dekat asrama/perumahan dinas Makodim1011/Klk yang ditanami padi.

"Melalui ini diharapkan menjadi contoh pemanfaatan Iahan saat musim kemarau tiba. Sebab, sawah selama kemarau biasanya tidak dimanfaatkan karena minimnya suplai air,” ungkap Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono SIP.

Jika para ibu rumah tangga bisa memakai cara demplot tersebut, akan menghemat perekonomian keluarga.

Karena dapat menghasilkan berbagai sayuran tanpa membutuhkan banyak lahan di rumahnya.

"Kalau saja dalam setiap rumah tangga memiliki 10 buah polybag saja yang ditanami sayuran, kemudian dirawat dengan baik dan sungguh-sungguh, maka bisa dipastikan dapat membantu meringankan beban keuangan untuk membeli kebutuhan dapur sehari-hari," tambah Ny Sinta Bambang, istri Dandim 1011/Klk.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved