Ramadhan 2019

Tips Menghindari Dehidrasi Bagi yang Bekerja di Lapangan, Ini Cara Mengurangi Rasa Haus Saat Puasa

Hal ini bisa mendinginkan tubuh karena titik nadi merupakan area di mana pembuluh darah berada dekat dengan permukaan kulit sehingga bisa mentransfer

Tips Menghindari Dehidrasi Bagi yang Bekerja di Lapangan, Ini Cara Mengurangi Rasa Haus Saat Puasa
tribunnews
Ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Puasa bagi umat muslim di daerah beriklim tropis, tetu memiliki tantangan tersendiri. Apalagi bagi mereka yang bekerja di luar ruangan dan lebih banyak berada di bawah matahari.

Bukan karena lapar, tetapi rasa harus yang begitu terasa. Tubuh pun terasa lemas dan sakit kepala.

Sebenarnya, adakah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa haus saat puasa?

Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat kita merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang hari, kita pasti akan merasakan kehausan.

SEBENTAR LAGI Waktu Buka Puasa 6 Ramadhan 1440 H/Sabtu (11/5/2019) Palangkaraya, Jakarta dan Lainnya

Tidak Sekadar Tahan Haus dan Lapar, Puasa Juga Perlu Hindari 7 Kebiasaan Ini

10 Laga Serentak Dipertandingkan pada Pekan ke-38 Liga Inggris Tentukan Zona Eropa

Kerusuhan di Rutan Kelas IIB Siak Riau, Kasat Narkoba Tertembak, Api Berkobar Hebat

Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa kita menahan diri untuk tidak minum atau makan, sehingga akan kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang kita konsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat berbuka maupun sahur. Besar kemungkinannya saat berbuka puasa kita cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat, sehingga mudah merasa haus dan lapar.

Sekali lagi, memperhatikan pola makan saat bulan puasa, sangat penting untuk kondisi tubuh. Ada baiknya kita biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

Bagaimana cara mengatasi haus saat puasa?

Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu kita untuk tidak mudah merasa haus, apalagi jika memiliki banyak kegiatan di luar ruangan.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved