Kabar Barito Selatan

Tiang Fender Jembatan Kalahien Buntok Ambruk, Begini Kondisinya

Fender jembatan penghubung Trans Kalimantan Poros Tengah di Desa Kalahien, Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, ambruk.

Tiang Fender Jembatan Kalahien Buntok Ambruk, Begini Kondisinya
Polres Barsel
Tiang fender Jembatan Kalahien Buntok, Barsel, Kalteng, ambruk dihantam tongkang batu bara. 

TRIBUNKALTENG.COM, BUNTOK - Fender jembatan penghubung Trans Kalimantan Poros Tengah di Desa Kalahien, Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, ambruk.

Itu setelah sebuah tongkang pengangkut batu bara hingga mencapai 7.100 Ton, milik PT Indo Jaya Trans Samudera (IJTS), menabrak fender (bamper) Jembatan Kalahien, Selasa (30/4/2019).

Belum diketahui persis penyebab fender jembatan tersebut hingga dihantam tongkang pengangkut batu bara tersebu. Namun hingga, Rabu (1/5/2019), akibat kecelakaan tersebut tiang penyangga bagian tengah jembatan ambruk.

VIDEO: Jembatan Ambrol, Pengantin Pria dan Rombongan Nyamplung ke Sungai

Wacana Pemindahan Ibu Kota, Bagaimana Proyek Infrastuktur Rp 571 Triliun Anies Baswedan?

Dikenal Brutal Saat Muda, Mike Tyson Kini Menyesalinya di Usia 52 Tahun

Kapal Tugboat dengan nama ITS Diamond yang menarik tongkang berisi tersebut, melaju dari arah Paring Lahung menuju Banjarmasin, ketika sampai di bawah jembatan pukul 05.10, tiba-tiba menabrak pender Jembatan Kalahien.

Nahkoda Kapal, ITS Diamond, Edi Susanto, kepada wartawan, mengatakan, kecangnya arus Sungai Barito di sekitar Jembatan Kalahien, yang jadi penyebab sehingga tongkang yang ditarik kapal Tugboat tidak bisa dikendalikan.

"Kapal lepas kendali dan tongkang menghantam fender jembatan. Arus deras Sungai Barito, yang membuat tongkang lepas kendali dan menghantam tiang jembatan," ujarnya.

Para petugas dari instansi terkait, hingga saat ini masih memantau kerusakan pondasi jembatan, yang ambruk akibat dihantam tongkang batu bara yang ditarik oleh tugboat tersebut.(TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved