Kajian Islam

Ketahui Syarat Sah, Syarat Wajib dan Rukun Puasa di Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah

Bulan ini merupakan salah satu yang dianggap istimewa dari Allah SWT karena banyak kelebihan yang diberikan di dalamnya.

Ketahui Syarat Sah, Syarat Wajib dan Rukun Puasa di Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Menyambut Ramadan 2019 

TRIBUNKALTENG.COM - Ramadan bulan yang mulia, dalam beberapa hari mendatang tiba.

Bulan ini merupakan salah satu yang dianggap istimewa dari Allah SWT karena banyak kelebihan yang diberikan di dalamnya.

Qadha Puasa Ramadan yang Tertinggal, Ini Doa Buka Puasanya Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Stadion Baru Tottenham Hotspur Bakal Menggadaikan Eriksen yang Diminati 2 Klub Top Spanyol

Erin Taulany Lapor ke Polisi, Mengaku Akun Instagram Miliknya Dihack Orang Tak Dikenal

Pada bulan ini, umat Muslim juga diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Kewajiban umat Muslim berpuasa Ramadan didasari firman Allah SWT:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa ... (QS. Al-Baqarah: 185)

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

بُنِيَ الإسْلاَ مُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةُ أنْ لاَ إلَهَ إلا الله وَأنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإقَامِ الصَّلا ةَ وَإيْتاَءِ الزَّكَاةِ وَالحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Islam berasaskan lima perkara, yaitu bersaksi tidak ada zat yang berhak disembah kecuali Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah, mendirikan salat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa di bulan Ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua dalil di atas menjadi dasar oleh ulama untuk berijma' bahwa puasa Ramadan adalah wajib bagi setiap muslim.

Lalu bagaimana syarat sahnya puasa? Syarat sahnya puasa ada empat: Islam, berakal, tidak haid atau nifas, dan mengetahui akan wajibnya berpuasa.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved