KaltengPedia

Pernah Jaya di Era 70-an, Begini Nasib Bus Air di Pelabuhan Banjar Raya Banjarmasin

Di era tahun 1970 sampai 1990, jasa angkutan penumpang sungai seperti bus air pernah mengalami kejayaannya.

Pernah Jaya di Era 70-an, Begini Nasib Bus Air di Pelabuhan Banjar Raya Banjarmasin
Banjarmasinpost.co.id/jumadi
Bus Air di Pelabuhan Banjar Raya, Jalan Barito Hilir, Banjarmasin. 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Di era tahun 1970 sampai 1990, jasa angkutan penumpang sungai seperti bus air pernah mengalami kejayaannya.

Betapa tidak. Moda transportasi sungai ini ketika itu menjadi alternatif yang banyak dipilih masyarakat untuk maupun dari Banjarmasin-Palangkaraya.

Seiring dengan kemajuan teknologi serta perkembangan jalur transportasi darat yang menghubungkan antar wilayah, alat transportasi sungai, seperti bus air, speedboat maupun kelotok, mulai ditinggalkan.

Namun untuk alat transportasi air seperti kelotok masih terlihat di sungai-sungai, walau jumlahnya tidak sebanyak seperti yang dulu.

Aktivitas Dermaga Rambang Kembali Lancar

Asyik Ngamar dengan Atasan, Polwan Ini Tinggalkan Anaknya Kepanasan Hingga Tewas di Dalam Mobil

Pasangan Muda Terjaring Berbuat Asusila di RTH Ratu Zalecha, Ini yang Dilakukan Satpol PP Banjar

Khusus bus air, dengan semakin berkembangnya infrastruktur jalan darat yang menghubungkan Banjarmasin (Kalsel) dengan semua kabupaten dan kota di Kalteng, kini alat transportasi air yang satu ini semakin ditinggalkan. Sekarang bus air hanya membawa barang, bukan penumpang lagi.

Padahal, dulu bus air, jadi pilihan warga yang ingin bepergian dari Banjarmasin ke beberapa wilayah Kalteng atau sebaliknya.

Dampaknya sudah pasti berimbas ke perekonomian masyarakat sekitar di kedua pelabuhan tempat mereka sandar, salah satunya adalah buruh bongkar muat barang.

Kepala Dermaga Pelabuhan Banjar Raya Banjarmasin, Ferry Tisna Permana yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/4) mengatakan, di era tahun 70-an, jasa pelayanan transportasi sungai berupa bus air merupakan alat transportasi yang sedang naik daun.

Sebab, saking diperlukannya bus air, maka di Banjarmasin terdapat tiga lokasi atau tiga titik pelabuhan bus air, seperti di Dermaga Pasar Beem, Pasar Lima serta Dermaga Pelabuhan Banjar Raya.

"Dulu, bus air melayani rute Banjarmasin-Muaratewah, Pulangpisau, Purukcahu serta Banjarmasin-Palangkaraya," terang Ferry Tisna Permana.

Halaman
12
Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved