Pilpres 2019

Kampanye di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Ini Lokasi yang Bakal Didatangi Jokowi

Selain di Stadion 17 Mei, Jokowi juga akan ke Taher Square Jalan Veteran. Mencegah terjadinya kemacetan, Polda Kalsel akan melakukan pengalihan arus d

Kampanye di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Ini Lokasi yang Bakal Didatangi Jokowi
Kompas TV
Pasangan Capres Jokowi-Ma'ruf 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Capres 01 Joko Widodo akan melakukan kampanye terbuka di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu (27/3/2019).

Sekitar 2.000 personel gabungan, yang terdiri atas anggota TNI, Polri, Satpol PP dan Paspamres, diturunkan untuk mengamankan Jokowi selama berada di Bumi Lambung Mangkurat ini.

“Kedatangan Jokowi ini sudah diatur dalam aturan tentang tata pelaksana pengamanan RI 1,” kata Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed, yang ditemui di sela-sela gladi bersih pelaksanaan pengamanan RI 1, Selasa (26/3).

Selain di Stadion 17 Mei, Jokowi juga akan ke Taher Square Jalan Veteran. Mencegah terjadinya kemacetan, Polda Kalsel akan melakukan pengalihan arus dengan buka tutup.

Piala Eropa 2020, Spanyol Vs Malta - Alvaro Morata Borong 2 Gol Tanpa Balas, La Roja Dipuncak Grup

Hanya Bisa Menang 2-1 dari Brunei di Piala Asia U-23 2020, Ini Pembelaan Indra Sjafri Bagi Timnas

Guru dan Dokter Ini Mundur dari CPNS Karena Tidak Suka dengan Tempat Tugas

“Pada prinsipnya, kami lebih melihat pada situasi di lapangan atau banyaknya masyarakat yang bergerak dari satu titik ke titik yang lain. Bila terjadi kemacetan, kami akan melakukan alih arus dengan buka tutup. Atau mungkin juga kami akan lakukan misalnya dengan pola 3-1, jika memang arusnya padat sekali,” kata Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Muji Ediyanto.

Disinggung mengenai rute perjalanan Jokowi, Muji mengatakan pihaknya sudah menyiapkannya.

“Untuk rutenya sudah disiapkan, termasuk nanti di Stadion 17 Mei dan Taher Square, kita lihat besok nantilah ya,” ujarnya.

Muji mengimbau kepada masyarakat Banjarmasin yang mengikuti konvoi agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas. “Gunakan helm, jangan berboncengan tiga, jangan ngebut,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes M Rifai, menambahkan pihaknya akan menurunkan pasukan sebanyak 646 personel.

“Polda Kalsel menurunkan 646 personel. Mereka akan ditempat di bandara dan titik-titik lainnya,” ujarnya.

Rifai mengatakan rencananya usai dari lapangan 17 Mei Jokowi akan ke Taher Squre dan ke Duta Mall menggunakan motor. “Petugas kami juga mengawal Jokowi dari lokasi 17 Mei, Taher Squre sampai ke Duta Mall,” ujarnya.

stadion 17 Mei yang menjadi lokasi pelaksanaan kampanye rapat umum nampak masih sepi di hari pertama agenda kampanye terbuka mulai (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)
Terpisah, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kasubbag Humas AKP Siti Rohayati mengatakan pihaknya akan menurunkan ratusan anggota untuk melakukan pengamanan jalur kedatangan capres dari 01.

“Kami hanya melakukan pengamanan jalur saja, mulai dari Bandara Syamsudin Noor sampai dengan Jalan A Yani Km 17 Lianganggang, perbatasan Gambut di Kabupaten Banjar,” Siti Rohayati.

Dia menjelaskan, total kekuatan personel yang diturunkan berjumlah 226 orang. “Mereka nantinya akan diturunkan di jalur sepanjang hampir 13 kilometer. Petugas akan disiagakan pada beberapa titik,” ujarnya.

Petugas mengatur arus lalu lintas dari areal Bandara Syamsuddin Noor di setiap persimpangan. Termasuk dari bundaran kamaratih, sampai dengan putaran U turn di Jalan A Yani dari Kecamatan Landasan Ulin sampai Kecamatan Liang Anggang.
(gha/dwi/ryn)

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved