Info Sehat

Waspadai dan Kenali Gejala Demensia: Lupa, Salah Meletakkan Barang sampai Kesulitan Berhitung

Demensia mungkin masih asing bagi sebagian orang, tetapi bagi orang yang memiliki keluarga "berumur", demensia mungkin bukanlah hal yang baru.

Waspadai dan Kenali Gejala Demensia: Lupa, Salah Meletakkan Barang sampai Kesulitan Berhitung
SIphotography/Getty Images/iStockphoto
Ilustrasi - Kesulitan dalam berpikir. 

TRIBUNKALTENG.COM - Demensia mungkin masih asing bagi sebagian orang, tetapi bagi orang yang memiliki keluarga "berumur", demensia mungkin bukanlah hal yang baru.

Bila Anda pernah menonton film keluaran tahun 2004 berjudul The Notebook, Anda mungkin paham seperti apa keadaan yang membuat seluruh fungsi dan kemampuan otak menurun ini.

Maree Farrow, ahli saraf kognitif Pusat Penelitian dan Pendidikan Penyerapan Demensia di University of Tasmania mengatakan bahwa terdapat beberapa jenis demensia—kondisi paling umum dari penderitaAlzheimer—dan keadaan tumpang tindih dalam gejala dari masing-masing jenis tersebut.

Selain Menghayal Seks, Pria Juga Berpikir Makan

Romario Ternyata Ingin Bermain dengan Lionel Messi Dibanding Cristiano Ronaldo

Kisahnya Viral, Gadis 19 Tahun Pejuang Kanker Itu Akhirnya Meninggal Dunia

Bahkan walaupun menderita jenis yang sama, gejala-gejala yang muncul pun bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan dari adanya perbedaan kombinasi dari gejala-gejala yang ada.

Namun tidak ada salahnya bila kita memeriksakan keadaan ketika menemukan gejala-gejala awal seperti di bawah ini.

1. Hilang ingatan jangka pendek

Bila Anda sering lupa terhadap percakapan atau kejadian yang baru-baru ini terjadi, tetapi ingat mengenai hal-hal yang terjadi di masa lalu, bisa saja hal ini menjadi pertanda gejala awal demensia.

Bila hanya terjadi sesekali, hal tersebut masih menjadi hal yang normal. Namun bila terjadi secara berkala dan teratur, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri.

2. Sulit melakukan tugas rutin

Dr. Farrow mengatakan bahwa gejala ini menjadi tanda yang "jelas" dari demensia. "Jika kita sebelumnya sangat ahli dalam melakukan sesuatu, dan sekarang menjadi kurang bisa melakukannya, bisa saja ini sebuah tanda," ucap Dr. Farrow.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved