Pileg 2019

Caleg PKPI Empat Kabupaten di Kalteng Tidak Bisa Ikut Pileg, Ternyata Ini Penyebabnya

Empat kabupaten ini, berdasarkan verifikasi KPU, tidak bisa ikut dalam pemilu legislatif mendatang, lantaran calegnya tidak memenuhi syarat.

Caleg PKPI Empat Kabupaten di Kalteng Tidak Bisa Ikut Pileg, Ternyata Ini Penyebabnya
(banjarmasinpost.co.id/faturahman)
Ketua PKPI Kalteng, Ergan Tunjung. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Caleg Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kalimantan Tengah (Kalteng) dari empat kabupaten di daerah ini hanya bisa gigit jari saat pesta demokrasi berlangsung.

Empat kabupaten ini, berdasarkan verifikasi KPU, tidak bisa ikut dalam pemilu legislatif mendatang, lantaran calegnya tidak memenuhi syarat salah satunya yakni karena tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) sampai dengan waktu yang ditentukan.

Ketua PKPI Kalteng, Ergan Tunjung, Senin (25/3/2019) saat dikonfirmasi terkait hal tersebut tidak menyangkal dalam Pileg tahun ini ada empat kabupaten PKPI tidak bisa mengikutkan diri dalam Pileg, lantaran belum menyerahkan LADK kepada KPU sehingga tidak ada Caleg di kabupaten tersebut.

Inova Berpenumpang 13 Orang Terguling di Jalan Sungai Bakau Kuala Pembuang, Satu Bocah Tewas

Puluhan Anggota ISIS Terdesak, Keluar Terowongan dan Menyerah, Kemungkinan Masih Ada yang Sembunyi

Romahurmuziy Sebut Namanya, Kiai Asep: Pernyataan Romy Salah Betul

" Ya, memang betul, untuk empat daerah itu, PKPI tidak diikutkan sebagai peserta Pemilu,sehingga memang tidak boleh kampanye, dan mengikuti tahapan Pemilu Legislatif dengan memgatasnakan PKPI. Itu memang benar, tetapi untuk sepuluh daerah lainnya tetap bisa untuk mengajukan calegnya," ujarnya.

Dijelaskan, Ergan, empat DPK (Dewan Pimpinan Kabupaten) yang tidak menyampaikan LADK (Karena tdk ada Calegnya ) tersebut, antara lain, DPK Barut, DPK Kapuas, DPK Kotim, DPK Kobar." Sehingga empat DPK dimaksud tidak diperbolehkan berkampanye Pemilu 2019 ini atas nama partai," ujarnya.

Live 8 Besar Piala Presiden: Jelang Persija vs Kalteng Putra, Macan Kemayoran Hadapi Situasi Sulit

Pasutri Pemilik Toko Kelontong Diikat Lakban, Perampok Bersenjata Api Kuras Uang dan Emas

Ergan, menegaskan, meski ada empat kabupaten keterwakilan PKPI di dewan setempat tidak ada, dia tetap optimistis PKPI akan meraih dukungan dua kali lipat dari perolehan suara periode pileg yang lalu.

"Salah satu contoh di Barito Timur, saat ini ada empat kursi PKPI, dan saya yakin dalam Pileg tahun ini akan bertambah, karena Bupati Bartim adalah pengurus PKPI," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved