Kalteng Kita

Enam Kontiner Surat Suara Pemilu Segera Didistribusikan ke Kabupaten di Kalteng

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah sudah melakukan pengecekan surat suara yang telah tercetak tersebut.

Enam Kontiner Surat Suara Pemilu Segera Didistribusikan ke Kabupaten di Kalteng
tribunkalteng.com/fathurahman
KPU Kalteng, Bawaslu dan KPI Kalteng, belum lama tadi, melakukan MoU, kerjasama untuk pengawasan pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sebanyak enam kontiner surat suara untuk pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) untuk enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, rencananya didistribusikan ke kabupaten dalam awal bulan Maret 2019 ini.

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah sudah melakukan pengecekan surat suara yang telah tercetak tersebut.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, Jumat (1/3/2019) mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan di percetakan di Jakarta, karena kewenangan pengadaan surat suara dutangani oleh KPU RI, namun sudah dilakukan pencetakan untuk Kalteng, pencetakan surat suara di lakukan oleh PT Temprint , Jakarta.

Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos, Ini yang Akan Dilakukan Polisi

Pengusaha Tambang Ini Nekat Bayar Rp 80 Juta Sekali Kencan dengan Vanessa Angel, Alasannya . . .

Lebih jauh dia mengatakan, sebanyak enam kontiner surat suara tersebut akan didistribusikan ke KPU Kabupaten di Seruyan, Kotim, Kobar, Sukamara dan Lamandau, sedangkan untuk kabupaten dan kota lainnya yang belum selesai masih dilakukan pencetakan di percetakan yang telah dipercaya melakukan pencetakan melalui mekanisme oleh KPU RI.

Dikatakan Harmain, pengiriman dari Jakarta melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, kemudian melalui jalur darat akan didistribusikan ke kabupaten."Target pengiriman tanggal 7 Maret ini, tetapi karena perjalanan cukup jauh, diperkirakan pertengahan Maret sudah tiba di kabupaten masing-masing," ujarnya.

Lebih jauh Harmain menjelaskan, untuk logistik pemilu lainnya, sudah ada di gudang KPU Kabupaten dan Kota sejak tahun 2018 lalu, seperti, Kotak surat suara 42.345 buah, bilik suara sebanyak 24.637 buah, tinta 16.236 botol, segel 901.012 lembar, dan sampul 428.796 buah.

Dia juga menjelaskan, jumlah caleg DPRD Kalteng dalam Pileg tahun ini, sebanyak 547 orang, Caleg DPRD Kabupaten dan Kota se Kalteng 4.659 orang, Calon Anggota DPD RI sebanyak 21 orang, Calon Anggota DPR RI sebanyak 80 orang , jumlah keseluruhan mencapai 5.307 orang.

Pengiriman Surat Suara Dikawal Polisi

RENCANA Pendistribusian enam kontoner surat suara Pileg dan Pilpres untuk Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan dalam pertengahan Bulan Maret 2019 ini akan dikawal oleh pihak kepolisian setempat. Bahkan, polisi bersama lembaga lainnya, sudah melakukan pengecekan di percetakan.

Anggota Bawaslu Kalteng, Hj Wahidah, mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan mengawasi semua tahapan dan proses Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Pihaknya juga sudah melakukan pengecekan dan pengawasan hingga ke percetakan surat suara untuk Kalteng di Pabrik pencetakan di Jakarta.

"Pengawasan melekat pada kami sehingga untuk proses pencetakan surat suara hingga pendistribusiannya nanti juga akan kami awasi, karena ini juga menjadi tanggungjawab kami sebagai lembaga pengawas pemilu.Kami juga dibantu aparat kepolisian dalam melakukan pengawasan distribusi surat suara tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Rikwanto, menegaskan, pihaknya sudah punya protap dalam melakukan pengamanan Pileg dan Pilpres mendatang, termasuk dalam mengawal pendistribusian surat suara dan logistik pemilu lainnya, hingga sampai ke KPU Kabupaten dan Kota se Kalteng."Ada beberapa titik yang fokus dalam pengamananya semua sudah kami petakan, terkait kerawanannya," ujarnya.(Tribunkalteng.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved