MotoGP

Regulasi Baru MotoGP ''Long Lap Penalty'' , Valentino Rossi Bilang Begini

Pihak penyelanggara MotoGP akan memasukkan long lap penalty sebagai salah satu daftar hukuman baru pada musim balap MotoGP 2019.

Regulasi Baru MotoGP ''Long Lap Penalty'' , Valentino Rossi Bilang Begini
DOK. YAMAHA MOTOGP
Valentino Rossi saat menjalani salah satu sesi MotoGP seri Qatar 2018 yang berlangsung di Sirkuit Losail. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Pihak penyelanggara MotoGP akan memasukkan long lap penalty sebagai salah satu daftar hukuman baru pada musim balap MotoGP 2019.

Bagi para pebalap untuk bersikap sportif di musim 2019, aturan yang sudah mulai diuji coba ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Tribunkalteng.com melansir Kompas.com, disebutkan sistem long lap penalty sebenarnya dibuat untuk menggantikan sanksi penalti turun satu posisi bagi pebalap yang melanggar. Tapi menyusul respons positif dari pebalap setelah diuji coba, maka aturan ini pun telah ditetapkan untuk masuk dalam daftar hukuman.

Hukuman long lap penalty diberikan bagi pebalap dengan cara melewati suatu area atau trek tertentu yang sudah disediakan. Tujuannya agar pebalap tersebut kehilangan banyak waktu.

Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah MotoGP 2021, Ini Desan Sirkuit Mandalika di NTB

Istri Sah Minta Semua Harta Dikembalikan, Nana Bakal Ceraikan Bella Luna?

Dalam gelaran tes di sirkuit Losail, Qatar, sistem penalti ini diterapkan pada tikungan 6. Lintasannya telah diberikan sepasang garis putih sebagai penanda rute yang harus dilintasi bagi pebalap yang terkena penalti.

Race Director MotoGP Carlos Ezpeleta, mengatakan regulasi ini nantinya akan diterapkan di sebagian besar sirkuit yang sudah terdaftar pada kalender MotoGP.

"Kami ingin long lap penalty belaku di semua sirkuit yang ada di kalender MotoGP. Apabila ada lintasan yang tidak praktis karena tidak memiliki rute panjang, maka tetap tidak akan membatalkan aturan untuk sisanya," kata Carlos Ezpeleta yang dilansir dari Motosport.com, Senin (25/2/2019).

Valentino Rossi yang sudah sempat menjajal sistem penalti baru ini berpendapat bahwa aturan tersebut akan membuat pebalap kehilangan waktu sekitar dua sampai tiga detik.

Bahkan Andrea Dovizioso menggangap ide penalti sangat bagus untuk diterapkan dibandingkan harus kehilangan posisi. (BolaSport.com)

(Penulis : Stanly Ravel/KOMPAS.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MotoGP Terapkan Regulasi Baru "Long Lap Penalty", https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/26/084200115/motogp-terapkan-regulasi-baru-long-lap-penalty-

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved