Tribunners

Suarakan Hak Pilih Mahasiswa di Perantauan, Ketua Forum Mahasiswa Temui Ketua KPU Kalteng

Dalam pertemuan yang berlangsung di KPU Kalteng, Alfansuri menyebut ada ribuan mahasiswa di Palangkaraya yang berasal dari daerah.

Suarakan Hak Pilih Mahasiswa di Perantauan, Ketua Forum Mahasiswa Temui Ketua KPU Kalteng
Istimewa
Ketua Umum Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa se Kalteng, Muhammad Alfansuri berdialog dengan Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim. 

TRIBUNKALTENG.COM - Ketua Umum Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa se Kalteng, Muhammad Alfansuri, secara khusus menemui Ketua KPU Kalteng. Itu dilakukan sebagai langkah untuk meminta penjelasan terkait dengan nasib hak pilih mahasiswa di Palangkaraya yang berasal dari luar daerah.

Dalam pertemuan yang berlangsung di KPU Kalteng, Alfansuri menyebut ada ribuan mahasiswa di Palangkaraya yang berasal dari daerah.

Padahal mereka terdaftar sebagai pemilih pada Pilpres dan Pileg 2019, namun terancam kehilangan hak karena perlu waktu dan biaya jika harus kembali ke tempat asal hanya demi untuk mencoblos.

"Jadi kemungkinannya, rekan-rekan ebih memilih golput ketimbang harus balik ke daerahnya masing-masing untuk menggunakan hak pilihnya tersebut dengan alasan jarak yang terlalu jauh dan juga biaya yang dikeluarkan untuk trasnportasi terlalu besar," kata Alfansuri.

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim, menjelaskan bahwa persoalan yang dihadapi mahasiswa perantau sebenarnya telah diakomodasi oleh peraturan, sehingga tidak perlu khawatir kehilangan hak pilih.

Mahasiswa juga tidak perlu bersusah payah balik ke tempat asalnya terdaftar di TPS tempatnya tinggal hanya untuk mencoblos.

"Dengan syarat kawan-kawan dari FKHM-KALTENG bisa melakukan pendataan selambat- lambatnya pertengahan Februari, KPU Provinsi selanjutnya akan berkoordinasi dengan KPU Kota Palangkaraya agar teman-teman bisa difasilitasi untuk menggunakan Hak Pilihnya," terang Harmain.

Muhammad Alfansuri berharap rekan sesama mahasiswa/i se Kalimantan Tengah agar ikut serta dalam berpartisipasi untuk menentukan masa depan 5 tahun yang akan mendatang.

"Kita sebagai pemuda mari kita kawal pemilu serentak april 2019 mendatang ini agar berjalan dengan damai dan lancar mari sama-sama kita mewujudkan pemimpin yg amanah dan peduli terhadap kemajuan Kalteng ini," kata Alfansuri. (TRIBUNNERS)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved