Kabar Kalimantan

MA Kabulkan Gugatan, 38 Tenaga Honorer di PPU Belum juga Bisa Diangkat Menjadi PNS

Menang di tingkat kasasi Mahkamah Agung, 38 tenaga honorer Kategori Dua (K2) Penajam Paser Utara (PPU), hingga kini belum diketahui kelanjutan nasibny

MA Kabulkan Gugatan, 38 Tenaga Honorer di PPU Belum juga Bisa Diangkat Menjadi PNS
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Ilustrasi - Demo guru honorer di Balai Kota Samarinda. 

TRIBUNKALTENG.COM, PENAJAM - Menang di tingkat kasasi Mahkamah Agung, 38 tenaga honorer Kategori Dua (K2) Penajam Paser Utara (PPU), hingga kini belum diketahui kelanjutan nasibnya.

Padahal dalam keputusan itu, MA memerintahkan agar mengangkat mereka menjadi PNS.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Penajam Paser Utara (PPU), Suroda Santoso, Jumat (23/11/2018) menjelaskan, sampai sekarang belum mengetahui kapan mereka akan diangkat menjadi PNS meski sudah menang ditingkat kasasi.

Karena rencananya, akan segera mengkonsultasikan kepada bupati sebagai pimpinan pembina kepegawaian (PPK) mengenai hasil keputusan kasasi K2 tersebut.

"Belum..Belum tahu kapan mereka diangkat. Kami akan konsultasikan dulu kepada bupati sebagai PPK mengenai langkah selanjutnya. Memang NIP mereka sudah diterbitkan namun SK pengangkatan mereka kan belum ada. Makanya kami mau konsultasikan langkah selanjutnya," jelasnya.

Sementara Kasubag Bantuan Hukum, Setkab PPU, Pitono mengatakan, dalam tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA) 38 K2 menang gugatan sementara pemerintah daerah tidak lagi mengajukan peninjauan kembali (PK) sehingga keputusan tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Disamakan dengan UMR, Mendikbud Siapkan Peraturan Soal Upah Guru Honorer

Astrid Tiar Bersedih Lihat Gading Marten yang Digugat Cerai Gisel, Ini Pesan Untuk Mantannya Itu

"Karena tak lagi melakukan PK, maka mereka K2 harus diangkat menjadi PNS sesuai hasil putusan," katanya.

Sebelumnya, 68 honorer K2 dinyatakan lulus tes CPNS namun Bupati Yusran Aspar saat itu tidak menerbitkan SK pengangkatan mereka dengan alasan masih ada keraguan terhadap berkas mereka.

Ia mengungkapkan, dari 68 orang tersebut sebanyak 21 orang sudah dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat.

Dengan dicoretnya 21 orang maka tersisa 47 orang dan hanya satu orang saja yang sudah diangkat menjadi PNS karena berkas dinyatakan tidak bermasalah.

Namun setelah 38 K2 ini memang kasasi kemudian 8 orang ini juga mengajukan tuntutan di PTUN namun sampai sekarang belum ada keputusan. (*)

Penulis: Samir
Editor: Trinilo Umardini

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Menang Kasasi, 38 Tenaga Honorer di PPU Belum juga Bisa Diangkat, http://kaltim.tribunnews.com/2018/11/23/menang-kasasi-38-tenaga-honorer-di-ppu-belum-juga-bisa-diangkat.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved