Kabar Dunia

Jamal Khashoggi Hilang, Senator AS Tekan Trump Soal Hubungan Bisnis dengan Saudi

Surat tersebut mengacu pada pencarian adanya data terkait hubungan keuangan antara Trump Organization dengan Arab Saudi.

Jamal Khashoggi Hilang, Senator AS Tekan Trump Soal Hubungan Bisnis dengan Saudi
Al Jazeera
Jamal Khashoggi, Jurnalis senior sekaligus kritikus politik Arab Saudi. 

TRIBUNKALTENG.COM, WASHINGTON - Sebelas Senator Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan surat kepada Presiden Donald Trump serta Trump Organization.

Surat tersebut mengacu pada pencarian adanya data terkait hubungan keuangan antara Trump Organization dengan Arab Saudi.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Kamis (18/10/2018), para Senator itu menginginkan Arab Saudi diberikan sanksi ekonomi yang tegas jika terbukti membunuh jurnalits senior sekaligus kritikus politik Jamal khashoggi.

"Penentuan sanksi ini dan kebijakan AS terhadap Arab Saudi pada umumnya sangat penting," kata para Senator kepada Trump.

Baca: Jurnalis Senoir Jamal Khashoggi Hilang, Media Ternama Batal Meliput Konferensi Investasi Arab Saudi

Baca: Ibu Guru dan Mantan Murid Digerebek Saat Berbuat Asusila, 5 Fakta Ini Terungkap

Baca: Candi Borobudur Rusak Parah Saat Pertama Kali Ditemukan, Fotonya Viral

"Kami berharap pemberian sanksi tidak dipengaruhi oleh konflik kepentingan yang mungkin saja ada, karena hubungan keuangan anda atau keluarga anda (Trump) yang sangat dekat dengan Arab Saudi," kata dia.

Kasus menghilangnya Jamal Khashoggi memang kini telah menjadi perhatian dunia.

Jamal Khashoggi merupakan seorang kurnalis senior Arab Saudi yang kini menjadi kolumnis di The Washington Post.

Ia sudah tinggal dalam pengasingannya di Amerika Serikat (AS) selama setahun terakhir karena melarikan diri dari Pemerintah Arab Saudi saat penindasan dilakukan terhadap para pengkritisi negara kerajaan tersebut.

Khashoggi kemudian dikabarkan menghilang pada 2 Oktober lalu, setelah memasuki Konsulat Arab Saudi di Turki untuk mendapatkan surat-surat yang ia perlukan untuk menikahi tunangannya.

Menurut sejumlah media, mengutip dari sumber-sumber Turki yang tidak disebutkan namanya, kepolisian Turki meyakini bahwa jurnalis itu tewas di dalam fasilitas diplomatik tersebut. (Penulis: Fitri Wulandari/Editor: Dewi Agustina)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dampak Kasus Khashoggi, Senator AS Tekan Trump Soal Hubungan Bisnis dengan Saudi, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/10/18/dampak-kasus-khashoggi-senator-as-tekan-trump-soal-hubungan-bisnis-dengan-saudi.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved