Dugaan Ratna Sarumpaet Dianiaya

Reaksi Gubernur Anies Baswedan Ditanya Bantuan Pemprov DKI Rp 70 Juta untuk Ratna Sarumpaet

Reaksi Gubernur Anies Baswedan Ketika Ditanya Bantuan Pemprov DKI Jakarta untuk Biaya Ratna Sarumpaet ke Chile

Editor: Royan Naimi
Taufik Ismail/Tribunnews.com
Anies Baswedan 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Reaksi Gubernur Anies Baswedan Ketika Ditanya Bantuan Pemprov DKI Jakarta untuk Biaya Ratna Sarumpaet ke Chile.

Anies Baswedan menyatakan, permohonan sponsor dari Ratna Sarumpaet ke Pemprov DKI Jakarta untuk pergi ke Chile merupakan hal yang wajar.

Menurut Anies, beberapa hal terkait pemberian biaya kepada Ratna merupakan hal yang tidak perlu diperdebatkan.

Baca: Sutopo BNPB Kagetkan Jokowi karena Penyintas Kanker Paru Stadium 4B, Ini Harapannya Pada Presiden

"Kita memberikan fasilitas dukungan itu, karena yang bersangkutan pernah menjadi ketua dewan kesenian di DKI Jakarta. Jadi ini proses biasa, normal. Yang terjadi pada banyak seniman, banyak pekerja-pekerja seni di DKI. Ini karena kebetulan ada cekal jadi ramai, selebihnya nggak ada bedanya," kata Anies di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Anies mengungkapkan, bukan hanya Ratna Sarumpaet yang diterima permohonannya untuk menghadiri The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chile.

Ia menegaskan, Pemprov DKI sudah beberapa kali mensponsori kegiatan-kegiatan kesenian termasuk di kancah internasional.

Baca: Dirgahayu ke 73 TNI, Ini Kumpulan Ucapan Selamat HUT ke 73 TNI untuk Penambah Semangat Kebangsaan

"Apapun yang ditampilkan seni itu baik-baik saja, ini karena ada kejadian cekal aja. kalau nggak ada ya nggak ada ramai. Kalau nggak anda juga nggak tanya dan ratusan orang-orang kita yang biasa aja," ungkap Anies.

Ratna Sarumpaet mengajukan permohonan sponsor pada Februari untuk menghadiri The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chile.

Lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, permohonan Ratna diterima.

Namun, keberangkatan Ratna batal lantaran pihak kepolisian mengamankannya di Bandara Soekarno-Hatta sesaat sebelum tinggal landas, Kamis (4/10/2018) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono,mengatakan Polisi resmi menetapkan aktivis perempuan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka usai itu dicegah ke luar negeri di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Ratna Sarumpaet saat digiring ke Polda Metro Jaya, Jakarta. Kamis (4/10/2018) Ratna Sarumpat yang sebelumnya diamankan polisi Bandara Soekarno Hatta dicegah keluar negeri oleh imigrasi, Pencegahan Ratna Sarumpaet diduga terkait UU ITE.
Ratna Sarumpaet saat digiring ke Polda Metro Jaya, Jakarta. Kamis (4/10/2018) Ratna Sarumpat yang sebelumnya diamankan polisi Bandara Soekarno Hatta dicegah keluar negeri oleh imigrasi, Pencegahan Ratna Sarumpaet diduga terkait UU ITE. (Warta kota)

"Alasan daripada ditetapkan tersangka karena adanya laporan pada tanggal 2 Oktober 2018," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Sebelumnya, dikutip dari kompas.com, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro menyatakan, Pemprov DKI Jakarta telah memenuhi permohonan sponsorship Ratna Sarumpaet ke Cile sebelum kasus hoax yang menimpanya, yakni pada Februari 2018.

Pemprov menanggung uang tiket, akomodasi, hingga uang saku Ratna Sarumpaet ke Cile.

Baca: 2 Kunci Rahasia Lulus Tes CPNS 2018, Semua Punya Peluang Lolos!

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved