Batal Terbang ke Luar Negeri, Ratna Sarumpaet Bakal Dijerat Pasal-pasal Ini

Sebelumnya Ratna akan meninggalkan Indonesia menuju Cile dengan transit di Turki. Polisi pun melakukan pencekalan dan penangkapan.

Batal Terbang ke Luar Negeri, Ratna Sarumpaet Bakal Dijerat Pasal-pasal Ini
tribunnews.com
Ratna Sarumpaet meninggalkan Dirkrimum Polda Metro Jaya, Jumat (5/10/2018) dini hari. 

TRIBNKALTENG.COM, JAKARTA - Setelah ditangkap di Bandara Soekarno Hatta saat mau keluar negeri, Kamis malam (4/10/2018), Polda Metro Jaya akhirnya menetapkan status tersangka kepada aktivis Ratna Sarumpaet.

Sebelumnya Ratna akan meninggalkan Indonesia menuju Cile dengan transit di Turki. Polisi pun melakukan pencekalan dan penangkapan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, penangkapan aktivis Ratna Sarumpaet dilakukan terkait adanya pelaporan pada 2 Oktober.

Baca: Ratna Sarumpaet Gagal Terbang ke Chile, Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

Baca: Di Grup L Liga Europa, Gol Tunggal Alvaro Morata Bawa Kemenangan Chelsea Kontra MOL Vidi

Baca: Egy Maulana Vikri Dipastikan Bela Timnas di Piala Asia U-19, Berikut Jadwal Laga di Grup A

Dalam laporan tersebut, Ratna dilaporkan karena dianggap menyebarkan berita hoaks terkait tindak penganiayaan yang terjadi kepada dirinya.

Ratna dianggap melanggar Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45 dengan ancaman 10 tahun.

"Jadi alasan penangkapan yang pertama adalah laporan polisi tanggal 2 Oktober 2018 kemarin, kami kenakan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45 dengan ancaman 10 tahun," ujar Argo, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis malam (4/10/2018).

Argo mengatakan, setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya melakukan penyelidikan hingga akhirnya ke tingkat penyidikan.

Sebelumnya diberitakan, beberapa waktu belakangan ini masyarakat dihebohkan informasi pengeroyokan Ratna Sarumpaet di sekitar Bandara Husein Sastranegara Bandung pada 21 September.

Ratna mengaku dipukul hingga menyebabkan wajahnya bengkak usai menghadiri sebuah konferensi internasional.

Sejumlah tokoh penting turut menanggapi dan menyampaikan empatinya terhadap kejadian yang diceritakan Ratna. Hingga akhirnya, Ratna mengaku bahwa kejadian tersebut hanya karangannya belaka.

Polda Metro Jaya telah menerima 4 laporan masyarakat yang mendesak polisi segera mengusut pihak-pihak yang terlibat menyebarkan berita bohong ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan situs: http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/05/pasal-pasal-yang-bakal-menjerat-ratna-sarumpaet.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved