Jasadnya Utuh dan Wangi, Terungkap Amalan Samsudin & 10 Orang Lainnya Setelah Puluhan Tahun Wafat

Jenazah Samsudin dan 10 orang lainnya adalah bagian dari 525 jenazah yang dipindahkan karena terkena proyek Tol Desari.

Jasadnya Utuh dan Wangi, Terungkap Amalan Samsudin & 10 Orang Lainnya Setelah Puluhan Tahun Wafat
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Proses pemindahan jasad di TPU Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat, Kamis (20/9/2018). 

TRIBUNKALTENG.COM, DEPOK - Jenazah Samsudin dan 10 orang lainnya adalah bagian dari 525 jenazah yang dipindahkan karena terkena proyek Tol Desari.

Desari adalah jalan tol penghubung Jakarta dengan Depok, melintasi Kota Jakarta Selatan dan Kota Depok, sepanjang 21,54 kilometer terdiri dari 5 seksi pekerjaan.

Pihak keluarga mengungkap amalan dan perilaku semasa hidup almarhum Samsudin dan sekitar 10 orang lainnya, warga Kelurahan Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat, yang jasadnya masih utuh serta wangi, kendati sudah terkubur puluhan tahun silam.

Seperti diberitakan, pembangunan proyek Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) berdampak pada pemindahan 525 jenazah yang terkubur di TPU Kumpi Saribah, Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat.

Baca: Makam Dibongkar Setelah 42 Tahun, Jasad Guru Ngaji Ini Masih Utuh

Baca: Digarap Sejak Lama, Tiba-tiba Lahan Ijah Ditindih Sertifikat Dadakan, Kok Bisa?

Baca: Kisah Romantis Cinta Raja Norwegia, 50 Tahun Menikah dengan Wanita dari Rakyat Jelata

Camat Limo Herry Restu Gumelar, mengatakan seribuan jenazah yang dipindahkan ke lokasi baru di sebelah utara dari kompleks pemakamaman yang bakal tergusur untuk proyek tol Desari.

Belakangan, panitia pemindahan jenazah memastikan dari total 2 hektare TPU Grogol, sebutan akrab warga untuk TPU Kumpi Saribah, yang tergusur untuk tol Desari hanya 1600 meter persegi atau 10 persennya saja.

"Kita akan pindahkan semua jenazah yang terkena pembangunan tol ini sampai akhir bulan ini,” ucap Herry dilansir Kompas.com pada Selasa (18/9/2019).

Banyaknya jumlah jenazah yang dipindahkan, prosesnya tetap menaati tata cara yang diatur agama Islam karena TPU Kumpi Saribah memang untuk pemakaman Muslim.

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini belum ada laporan terkait kendala. Semoga kondisi seperti ini dapat terjaga hingga semua makam rampung dipindahkan," ucap dia.

Ada cerita di balik pemindahan ribuan jenazah dari TPU Kumpi Saribah, di antaranya ada jasad yang masih utuh dan saat dipindahkan dari liangnya mengeluarkan aroma wangi.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved