Mahasiswa Ini Dikeluarkan dari Kelas Gegara Protes Pungli Dosen Rp 2.000

Pungli dari oknum dosen tersebut terungkap setelah ada yang merekamnya kemudian mengunggahnya ke Sosial Media,

Mahasiswa Ini Dikeluarkan dari Kelas Gegara Protes Pungli Dosen Rp 2.000
Video oknum dosen meminta uang Rp2.000 kepada mahasiswanya viral di media sosial.(Dok. Welly Paliling) 

TRIBUNKALTENG.COM - Pungutan liar (pungli) kepada mahasiswa sebanyak Rp 2000 per mahasiswa sekali pertemuan, diduga dilakukan oknum dosen Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

Pungli dari oknum dosen tersebut terungkap setelah ada yang merekamnya kemudian mengunggahnya ke Sosial Media, dan mendapat respon dari warganet, sehingga viral.

Baca: Bus Rombongan Catur Putra Grup Kecelakaan di Tanjakan Letter S Sukabumi, 17 Penumpang Tewas

Video yang berdurasi 1 menit 35 detik ini pertama kali diunggah oleh mahasiswa bernama Welly Paliling pada Jumat (07/9/2018) pukul 08.53 WITA melalui akun Facebook-nya, dan langsung menyebar dengan cepat.

"Ini yang jelas tadi terpotong, pasal Rp. 2.000 sdh berlakukan oleh oknum dosen yg tidak bertanggungjwb di kampus UNCP," tulis Welly.

Baca: Beredar Video Dosen Minta Uang Rp 2.000 pada Mahasiswa, Kampus Tegaskan Tiada Pungutan

Baca: VIDEO: Viral Polwan Bripda Choerul Lantunkan Salawat, Suaranya Merdu Bingits!

Baca: Kartika Putri dan Habib Usman Blak-blakan Bicara soal Pernikahan

Dalam video tersebut suasana perkuliahan nampak tegang, oknum dosen sempat berdebat dengan mahasiswa lalu dosen menyuruh mahasiswa tersebut keluar dan menyuruh belajar pada rektor dan seniornya.

“Sekarang, siapa yang mengajar, siapa yang punya aturan, kalau begitu kau pergi belajar sama rektor saja, keluar..., keluar kau pergi belajar saja sama seniormu,” kata oknum dosen tersebut dalam video.

Unggahan ini mendapatkan puluhan komentar, ratusan kali dibagi ulang, dan telah ditonton ribuan kali.

Bagian humas UNCP, Hasbi, mengatakan, oknum dosen tersebut dan sejumlah mahasiswa tengah diproses oleh Komisi Disiplin (Komdis) kampus UNCP.

“Kasus mengenai uang Rp2.000 tersebut sedang diproses oleh Komisi Disiplin. Mereka juga sedang bekerja melakukan pemanggilan satu per satu kepada mahasiswa yang sudah diajar oleh Beliau. Hasil dari komisi disiplin akan kami sampaikan,” kata Hasbi saat dijumpai di ruangannya, Sabtu (8/9/2018).

Menrutnya dari informasi beberapa mahasiswa yang telah dipanggil, uang Rp 2000 yang diminta oleh oknum dosen itu akan dipergunakan untuk kepentingan kelas.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved