Kabar Kapuas

SMPN 3 Selat Berpeluang Terpilih Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2018

SMPN 3 Selat Kabupaten Kapuas menjadi satu dari lima kandidat Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2018 asal Kapuas

tribunkalteng.com/fadly setia rahman
Tim Dinas LH Provinsi Kalteng saat melakukan penilaian di SMPN 3 Selat, Kota Kuala Kapuas, Rabu (29/8). 

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - SMPN 3 Selat Kabupaten Kapuas menjadi satu dari lima kandidat Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2018 asal Kapuas.

Sebelum dinilai tim adiwiyata pusat,  SMPN 3 Selat terlebih dahulu dinilai  oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (29/8).Hadir juga saat penilaian, Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Kapuas, H Samsurahman mendampingi DLH Provinsi.

Adapun tim penilai pada saat itu yakni Pelaksana Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Provinsi Kalimantan Tengah Jonpri dan Viladelvia.

Jonpri menerangkan di Kabupaten Kapuas, ada lima Sekolah yang akan dilakukan penilaian untuk menuju Sekolah Adiwiyata terdiri dari satu SDN, dua SMPN dan dua SMAN.

Baca: Enam Ons Sabu Jaringan Malaysia Dimusnahkan BNN Kalteng

Baca: Jelang Pemilu, Tim Cyber Polda Kalteng Gencar Patroli Medsos

Ketua Adiwiyata Sekolah SMPN 3 Selat Rahma Fitri Awal, menerangkan bahwa di sekolah tersebut memiliki karakter lingkungan serta visi, misi dan kurikulum yang tidak lepas dari lingkungan. Misal berwawasan lingkungan, ramah lingkungan serta pengurangan limbah di sekolah.

"Di sekolah kami ini juga memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi hal yang berguna seperti beberapa pajangan yang ada. Begitu juga sampah organik disini, kami menjadikannya sebagai kompos," jelasnya.

Lebih lanjut dibeberkannya bahwa sebelum memulai pelajaran di SMPN 3 Selat terlebih dahulu melakukan kegiatan pagi bersih dan sehat.

"Kami juga ada kegiatan mingguan seperti jumat bersih, jumat iman dan taqwa atau yang lebih di kenal dengan Jumat Imtaq," tuturnya.

Baca: Sosok Nicke Widyawati Dirut Pertamina yang Baru, Berparas Cantik Dulu Menjabat Dirut SDM

Selain berkeliling di sekolah itu, tim penilai juga melihat langsung demonstrasi komposter yang ada di sekolah yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai lokasi penilaian Sekolah Sehat Nasional tahun 2018 mewakili Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Selat Harini Irawati, berharap setelah dilakukannya penilaian tersebut SMPN 3 Selat dapat menuju sekolah adiwiyata tingkat Nasional tahun 2018. (tribunkalteng/fadly setia rahman)

Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved