Berita Regional

Susi Pudjiatuti Tenggelamkan 125 Kapal Secara Serentak, Ini Rinciannya

Sebanyak 125 kapal yang terlibat illegal fishing di seluruh Nusantara dari Perairan Kema, Minahasa Utara, Sulawesi Utara ditenggelamkan serentak.

Susi Pudjiatuti Tenggelamkan 125 Kapal Secara Serentak, Ini Rinciannya
(TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW)
Penenggelaman 15 kapal yang ditangkap melakukan ilegal fishing di perairan Indonesia yang masuk wilayah Kejaksaan Negeri Bitung, di perairan Kema, Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (20/8/2018). 

TRIBUNKALTENG.COM - Sebanyak 125 kapal  yang terlibat illegal fishing di seluruh Nusantara dari Perairan Kema, Minahasa Utara, Sulawesi Utara ditenggelamkan serentak, Senin (20/8/2018).

Penenggalaman kapal yang dipimpin Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu mayoritas merupakan kapal ikan berbendera asing dengan jumlah 120 kapal, antara lain 86 kapal berbendera Vietnam, 20 kapal Malaysia, dan 14 kapal Filipina.

Baca: Eko Yuli Sumbang Emas ke-5 untuk Indonesia dari Cabor Angkat Besi Asian Games 2018, Ini Profil Eko

Sementara itu, ada 5 kapal ikan yang berbendera Indonesia.

Kapal yang ditenggelamkan adalah kapal hasil tangkapan yang sudah melalui proses hukum hingga putusan pengadilan yang sudah inkracht dan dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Bitung.

Kapal-kapal tersebut merupakan kapal yang ditangkap melalui unsur-unsur Satgas 115, yaitu TNI Angkatan Laut (TNI AL), Polair Baharkam Kepolisian RI (Polair), Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan PSDKP KKP karena melakukan tindak pidana di bidang perikanan.

Baca: Sebut Jan Ethes Ganteng Bukan karena Markobar, Kaesang Pangarep Kena Tegur Gibran Rakabuming

Kebanyakan kapal ditangkap lantaran menangkap atau mengangkut ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPPRI) tanpa SIUP, menangkap ikan di WPPRI tanpa SIPI, mengangkut ikan tanpa SIKPI, dan menangkap ikan dengan menggunakan alat penangkapan ikan yang dilarang dan merusak lingkungan.

Penenggelaman kapal dilakukan berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) untuk 116 kapal dan berdasarkan penetapan pengadilan untuk 9 kapal.

Baca: Udara Kalteng Tercampur Asap, Pemprov Kalteng Fokus Pemadaman Kebakaran Lahan di Kotim dan Kapuas

 Ada 11 titik penenggelaman kapal pelaku illegal fishing yang ditenggelamkan oleh Menteri Susi selaku Komandan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal (Satgas 115), masing-masing:

- 18 kapal di Pontianak

- 6 kapal di Cirebon

Halaman
12
Editor: rendy nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved