Kabar Kalsel

Jukung Hias Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Martapura Barat

Festival jukung hias yang digelar oleh Kecamatan Martapura Barat rupanya mencuri perhatian warga.

banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Jukung Hias Meriahkan HUT RI di Martapura Barat 

TRIBUNKLATENG.COM, MARTAPURA - Festival jukung hias yang digelar  oleh Kecamatan Martapura Barat rupanya mencuri perhatian warga.  Di sepanjang bantaran sungai Martapura yang dilewati perahu warga berduyun-duyun menyaksikan festival yang pertama kali digelar tersebut.

Puluhan siswa sekolah dasar  juga tak ketingggalan mendatangi pinggiran sungai untuk melihat perahu hias yang melintas. sementara, puluhan perahu hias terlihat memenuhi jalur Sungai Martapura.

Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur juga terlihat hadir sekaligus membuka festival  yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tersebut.

Perahu hias ini, bergerak dari Desa Keliling Benteng Tengah hingga ke desa Telok Selong, Kecamatan Martapura Barat.

Warga pun menyambut gembira festival ini,  diantaranya Halisa. Ia mengatakan acara festival jukung begitu meriah. Bahkan menurutnya sangat keren dan bagus.

Baca: Tahu Anaknya Konsumsi Narkoba, Begini Cerita Ibunda Pelajar Terindikasi Narkoba

Baca: Rela Naik Genteng Demi Melihat Ustadz Abdul Somad

"Ini keren sekali. Bagus, meriah," ungkap perempuan itu diiyakan oleh beberapa temannya.

Diketahui, festival jukung hias yang digelar di Kecamatan Martapura Barat  baru pertama kali diadakan. Namun antusias warga terhadap memeriahkan kegiatan, begitu terlihat.

Selain itu pendanaan pun merupakan hasil dari swadaya masyarakat. Khususnya untuk merias jukung dan modal bahan bakar keliling sungai.

Meski hiasan nampak sederhana, menyajikan kesan merah putih. Namun makna dari konsep sekaligus tema kegiatan tersebut yakni dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indoensia. Serta memeriahkan hari jadi Kabupaten Banjar ke 68.

Baca: Peringatan HUT ke 73 RI, Baca Kumpulan Puisi dan Pantun yang Menggugah Rasa Patriotisme Ini

"Karena Kecamatan Martapura Barat 90 persen merupakan wilayah sungai. Jadi kami ingin menonjolkan kalau sungai Martapura disini bersih dan bisa menjadi tempat wisata nantinya," ucap Koordinator Jukung Hias, Nur Ifanysah.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Camat Martapura Barat, Ahmad Rabani. Bahkan ia menuturkan kegiatan tersebut bisa berlangsung terus menerus. Selain itu tidak hanya menjadi event kecamatan. Namun bisa menjadi event kabupaten bahkan menasional.

"Saya berharap kegiatan festival jukung hias ini bisa tetap hadir. Selain itu nantinya bisa menjadi event kabupaten bahkan nasional," ungkapnya.(tribunkalteng/isti rohayanti) 

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved