Breaking News:

KM Satya Kencana IX Terbakar

RSUD Ulin Siagakan Tenaga Medis untuk Tangani Korban KM Satya Kencana IX yang Terbakar

Demi memastikan kondisi korban yang dirujuk ke rumah sakitnya dapat tertangani, RSUD Ulin Banjarmasin mengerahkan menyiagakan tenaga perawatnya.

Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/ rizky abdul ghani
RSUD Ullin Banjarmasin menyiagakan petugas medis untuk menangani korban KM Satya Kencana IX yang terbakar 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN -  RSUD Ulin Banjarmasin Kalsel rupanya tidak main-main dalam menyambut kedatangan penumpang yang merupakan korban KM Satya Kencana IX yang terbakar, Sabtu (4/8/2018).

Bagaimana tidak, demi memastikan kondisi korban yang dirujuk ke rumah sakitnya dapat tertangani, pihak manajemen RSUD Ulin Banjarmasin mengerahkan kekuatan penuh tenaga perawatnya.

Kordinator Keperawatan IGD RSUD Ulin Banjarmasin, HM Noor Rusdi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Baca: Kapal Niki SAE Tiba di Pelabuhan Trisakti, Angkut Penumpang KM Satya Kencana IX

Bahkan menurut bila hari-hari biasa perawat yang bertugas hanya berjumlah 7 orang pertim, kini demi memberikan penanganan maksimal bagi korban KM Satya Kencana IX sebanyak hampir tiga kali lipatnya dikerahkan.

Baca: Kenakan Pelampung Penumpang Kapal KM Satya Kencana IX Loncat dan Terombang-ambing di Laut Jawa
"Betul, jadi ada 20 tenaga medis yang kami kerahkan sore ini. Mereka yang semestinya libur usai piket pun, sore tadi kami panggil semua untuk masuk," jelasnya.

Tidak tenaga perawat, penyediaan dokter pun pasca musibah kebakaran KM Satya Kencana IX juga menjadi imbas. Bila semula hanya dua dokter yang disiagakan, sore ini sebanyak empat dokter yang dilibatkan.

Baca: Ajaib, Bocah 2,5 Tahun Hanya Luka Ringan Usai Terjatuh dari Lantai 17

" Empat dokter tersebut, terdiri dari dua dokter umum dan dua dokter Emergency, yang memang spesialis menangani korban urgent seperti ini," ungkapnya.

Kordinator Administrasi IGD RSUD Ulin Banjarmasin, Yosfihani juga memastikan kesiapan ruangan sudah rampung. Menurutnya RSUD Ulin Banjarmasin dalam hal ini sedikitnya mampu menampung sebanyak 35 pasien nantinya.

" Untuk penanganan nanti akan dilakukan sistem labeling. Jadi sebelum korban ditangani, lebih dulu akan diberi label pada masing-masing korban, yang mana urgent, yang mana tidak. Tapi tetap ditangani," jelas mantan kepala ruangan IGD RSUD Ulin Banjarmasin itu.

Baca: Akhirnya Kapal Niki SAE Pengangkut Penumpang KM Satya Kencana IX Tiba di Pelabuhan Trisakti

Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Sri Nurnaningsih. (banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie)
Terpisah, anggota DRPD Komisi IV Banjarmasin, Sri Nurnaningsih berpesan agar masing-masing rumah sakit bisa memberikan penanganan maksimal kepada para korban KM Satya Kencana IX.

" Kepada masing-masing rumah sakit, mudah-mudahan bisa maksimal dalam memberikan penanganan para korban KM Satya Kencana IX," imbaunya.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul RSUD Ulin Kerahkan Ini untuk Tangani Korban KM Satya Kencana IX yang Terbakar

(Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved