Breaking News:

Daerah Ini akan Menikmati Seluruh Fase Gerhana Bulan Total pada 28 Juli 2018

pengamat di wilayah Papua hanya dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase totalitas berlangsung mengingat saat gerhana sebagian

Editor: Mustain Khaitami
TRIBUN KALTIM/Fachmi Rachman
Ilustrasi - Pemandangan penumbra saat mulai menutupi permukaan bulan pada proses terjadinya gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian yang tampak di langit Kota Balikpapan, Selasa (8/8/2017) dini hari. Gerhana parsial ini terlihat di langit Kota Balikpapan pukul 01.20 hingga 04.00 WITA. TRIBUN KALTIM/Fachmi Rachman  

TRIBUNKALTENG.COM - Lama gerhana bulan total (GBT) yang terjadi pada 28 Juli 2018 nanti, akan mencapai 103 menit.

Tak salah, GBT tersebut disebut-sebut gerhana bulan terlama pada abad ke-21.

Lalu, di mana saja GBT itu dapat diamati?

Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly, menjelaskan rangkaian fase-fase GBT dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

"Namun dengan catatan, semakin ke arah barat, pengamat akan memiliki kesempatan untuk mengamati keseluruhan fase-fasenya, mengingat gerhana masih berlangsung sebelum bulan terbenam," ujar Sadly dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar, Selasa (24/7/2018).

Berdasarkan hal tersebut, lanjutnya, pengamat di wilayah Papua hanya dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase totalitas berlangsung mengingat saat gerhana sebagian setelah fase totalitas berlangsung, bulan terbenam.

Kemudian, kata Sadly, pengamat di wilayah Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi kecuali sebagian kecil di Sulawesi Selatan, NTT bagian timur, dan Kalimantan Utara bagian timur dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase gerhana sebagian berlangsung.

"Sementara itu pengamat di wilayah NTT bagian Barat, NTB, Bali, sebagian besar Kalimantan kecuali sedikit di bagian timurnya, Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, sebagian besar Jambi dan Riau, serta Bengkulu bagian selatan, dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase gerhana penumbra berlangsung," ujar Sadly.

Dikatakannya, seluruh fase gerhana GBT akan teramati dari Bengkulu bagian utara, riau bagian barat, sebagian besar Sumatera Barat dan Sumatera Utara, serta Aceh.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved