Kabar Palangkaraya

Kebakaran Lahan Mulai Marak di Palangkaraya, Ini Peringatan Kapolres

Luas lahan yang terbakar sekitar 4 ha tersebut merupakan lahan gambut yang tidak berpenghuni alias lahan tidur dan terbakar tanpa tau apa sebabnya.

Kebakaran Lahan Mulai Marak di Palangkaraya, Ini Peringatan Kapolres
Istimewa
Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Suregar dan Komandan Kodim 1016 Palangkaraya, Letkol.Czi.Chandra Adibrata, tampak berada di lokasi kebakaran lahan 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Semakin jarangnya hujan mengguyur Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, membuat lahan gambut semakin kering dan berubah menjadi bahan bakar yang mudah terbakar ketika tersulut api.

Kebakaran pun mulai terjadi di pinggiran Kota Palangkaraya,dan membuat petugas berjibaku memadamkan kebakaran lahan belukar.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di jalan Banteng, kelurahan Bukit Tunggal, Jekanraya, Palangkaraya, Kalteng, pada Jumat (20/07/2018) malam yang mengakibatkan empat hektare lahan terbakar dan mendekati permukiman penduduk.

Warga yang rumahnya tak jauh dari lahan yang terbakar sempat panik, ketika melihat ada lahan kosong di sekitarnya yang terbakar, dan memanggil petugas untuk membantu dalam memadamkan api.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Leo: Siapkan Mental, Ada Ujian!

Baca: BREAKING NEWS: Inneke Koesherawati Kabarnya Ditangkap KPK

Baca: 6 Orang Dibawa KPK, Termasuk Kalapas, Inilah Penghuni Lapas Sukamiskin

Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul R.K. Siregar bersama Komandan Kodim (Dandim) 1016/PLK Letkol.Czi.Chandra Adibrata, berada di TKP, turun langsung ke lapangan dalam upaya memadamkan kebakaran.

Luas lahan yang terbakar sekitar 4 ha tersebut merupakan lahan gambut yang tidak berpenghuni alias lahan tidur dan terbakar tanpa tau apa sebabnya.

Sementara pemilik lahan belum diketahui dan kini masih dilidik oleh Satreskrim Polres Palangkaraya.

Untuk membantu pemadaman dikerahkan peralatan dan juga personel Polres Palangkaraya, Polsek Pahandut, Kodim 1016/PLK, BPBD Palangkaraya, Manggala Agni, dan TSAK kelurahan Bukit Tunggal.

Kapolres Palangkaraya, Sabtu (21/7/2018) memberikan imbauan kepada masyarakat dan mengingatkan masyarakat agar jangan melakukan pembakaran lahan selama musim kemarau ini, karena rawan merembet.

"Jangan membakar lahan untuk membuka kebun dan lahan. Apalagi saat ini musim kemarau. Apabila ditemukan pelaku pembakaran akan di proses sesuai Undang-undang yang berlaku, saya ingatkan jangan membakar lahan,” tegasnya. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved