Peluang Bisnis

Mudah, Murah, dan Harga Jual Menjanjikan, Beternak Love Bird Bisa Jadi Bisnis Pilihan

Belakangan bisnis ternak burung jenis "love bird" jadi perbincangan hangat, sebab efisien waktu tenaga dan pakan ternak

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Mustain Khaitami
banjarmasin post group/ nurkholis huda
Fauzi memberikan makan ke anakan love bird 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Geliat pasaran burung terasa dan begitu menjanjikan. Dalam satu bulan bisa menghasilan Rp 5 juta hanya dari beternak burung.

Warga memilih ternak burung dari pada beternak ayam bahkan ada yang beralih dari tadinya ternak sapi dan kambing beralih ke peliharaan burung.

Itu karena Lebih irit pakan dan bisnis menjanjikan. Belakangan bisnis ternak burung jenis "love bird" jadi perbincangan hangat, sebab efisien waktu tenaga dan pakan ternak.

Itu yang dilakukan oleh Budi Setiawan (25), Jalan A Yani Kilomter 7, Kompleks Tatahmahligai, RT1 RW 2 Kertakhayar Kabupaten Banjar. Dari semula ia ternak satu pasang, kini dia sudah punya 36 pasang yang produksi puluhan anak love bird.

Baca: Wanita yang Jadi Korban Pemukulan Oknum Polisi Babel Dinyatakan Bersalah, Ini Hukumannya

Baca: Gelar OTT, 9 Orang Diamankan KPK di Rumah Dinas Menteri Sosial Idrus Marham

Baca: Viral Video Diduga Pengemis Ambil Uang Ratusan Juta di Bank, Begini Klarifikasi Keluarganya

"Dulu saya ikut jaga toko, terus saya jalan-jalan ke tempat paman di Km 9, kemudian paman menyuruh saya ternak love bird dan Alhamdulillah memang menjanjikan.
Jika saya jaga toko Rp 1,3 juta. Kini ternak love bird bisa penghasilan Rp 5 juta dalam satu bulannya. Alhamdulillah, setiap hari ada yang datang beli ambil dua hingga tiga. Bahkan sudah ada yang amprah ketika baru umur anakkan dua bulan, " cerita Budi Setiawan ke Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (14/7/2018).

Dia menekuni bisnis ternak burung jenis" love bird" ini baru mulai tahun 2015, hingga kini Alhamdulillah sudah bisa beli motor sendiri.

Ya, bagaimana tidak dibilang menjanjikan, sebab satu indukan love bird bisa telur mulai lima sampai sembilan telur. Dalam satu bulan indukan bisa menetas sampai dua kali. Setelah menetas, anakan love bird usia dua bulan sudah dihargai Rp 200.000 untuk jenis love bird yang standar.

"Satu anak burung jika dijual itu Rp 200 kali saja berapa banyak anak. Alahmdulliah ini lancar.

Banyak komunitas burung sampai 100 anggota lebih tersebar di kalimantan ini untuk love bird mengambil dari tempat saya," kata Budi.

Belum lagi, jenis love bird yang memang diproduksi untu lomba suara (kekekan)." Beda lagi harganya lebih mahal. Kalau kekekan anaknya itu untuk anakan sampai Rp 6 juta bahkan sampai Rp 20 juta, " kata Budi sapaanya.

Untuk ternak love bird di markas Budi Setiawan, yang paling mahal anakan love bird Albino Mata Merah (MM) dibanderol Rp 1.200. 000 dan Blue Series Rp 1.500. 000.

"Kalau standart dijual Rp 200 ribu. Kalau yang mahal Parl blue, Rp 3 sampai Rp 5 juta. Ada juga jenis love bird Biola Rp, 20 juta sepasang. Namun dua jenis itu kami belum produksi. Itu yang membedakan warna bulu, yang baik dan kualitas kicauan yang mantap, " kata Budi Setiawan.

Berikut ini rincian harga burung jenis love bird yang dijual anakan usia dua bulan di peternak Budi Setiawan, bulan Juli 2018:

Josan Rp 200 ribu
Pasjo Rp 250 ribu
Paskun Rp 350 ribu.
Pasbir Ro 400 ribu.
Biru mangsi Rp 500 ribu.
Pasvio Rp 450 ribu.
Violet Rp 1.000. 000.
Batman Rp 850. Ribu.
Lotino mh Rp 450 ribu.
Lotino mm Rp 550 ribu.
Albino mh Rp 700 ribu.
Albino mm Ro 1.200 ribu.
Blue sries Rp 1.500 000
Olive Rp 600 ribu.
Pas olive Rp 300 ribu.
Biru cobalt Rp 400 ribu.
Pasput Rp 450 ribu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved