Sadap Soal UNBK, Kepala Sekolah Ini Jadi Tersangka

Mereka berdua terbukti menyadap komputer selama ujian berlangsung dan meneruskannya ke sebuah bimbingan belajar.

Sadap Soal UNBK, Kepala Sekolah Ini Jadi Tersangka
ist
Ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM, SURABAYA - Polisi menetapkan kepala sekolah di SMPN 54 Surabaya sebagai tersangka kecurangan di Ujian Nasional Berbasis Kompter (UNBK) di sekolah yang dipimpinnya itu.

"Status sudah tersangka, yang sebelumnya jadi saksi," tutur Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, Selasa (8/5/2018).

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran menambahkan penetapan tersangka KY, dilakukan setelah gelar perkara. Polisi sudah mengantongi dua barang bukti.

"Setelah pemeriksaan, yang bersangkutan kita tahan karena sudah mencukupi dua alat bukti," kata AKBP Sudamiran di Polrestabes Surabaya, Selasa (8/5/2018).

Dua alat bukti ini diduga digunakan untuk melancarkan kecurangan UNBK di sekolah yang dia pimpin.

Sebelum KY, pihak kepolisian sudah menangkap dua tersangka lain. Di antaranya pegawai honorer yang bertugas sebagai teknisi IT dan tata usaha.

Mereka berdua terbukti menyadap komputer selama ujian berlangsung dan meneruskannya ke sebuah bimbingan belajar.

Kasus kecurangan UNBK di SMPN 54 terjadi saat ujian hari terakhir dilakukan.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M Iksan mengatakan jika ada kejanggan selama ujian. Yaitu siswa yang seharusnya ujian di sesi satu, berpindah ke sesi tiga.

Kejadian ini pun langsung dia laporkan ke Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan pihak Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, pada Jumat (27/4/2018) lalu.

Mengenai kabar ini, Polrestabes Surabaya rencana akan adakan rilis bersama awak media besok, Rabu (9/5/2018) di Markas Besar Polrestabes Surabaya.

"Besok kita akan rilis kasusnya," kata Kasub bag humas, AKP Cinthya Dewi.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Kepala Sekolah SMPN 54 Surabaya Ditahan karena Bocornya Soal UNBK, Dua Pegawai Honor juga Ditangkap, http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/09/kepala-sekolah-smpn-54-surabaya-ditahan-karena-bocornya-soal-unbk-dua-pegawai-honor-juga-ditangkap.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved