Prakiraan Cuaca

Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan, Kalteng Termasuk

Penyebab utamanya adalah pergerakan massa udara dingin dari daratan Asia yang masih cukup aktif, jika ditinjau dari indeks seruakan dingin

Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan, Kalteng Termasuk
BMKG
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Seminggu ke depan, hujan lebat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Senin (29/1/2018), mengatakan bahwa hujan intensitas sedang sampai lebat masih berpotensi terjadi mulai Senin ini sampai 3 Februari mendatang.

Penyebab utamanya adalah pergerakan massa udara dingin dari daratan Asia yang masih cukup aktif, jika ditinjau dari indeks seruakan dingin ('cold surge').

"Hal ini menyebabkan terbentuknya beberapa wilayah pertemuan angin yang menyebabkan pertumbuhan awan hujan menjadi signifikan," jelas Dwikorita, di Jakarta Pusat.

Selain itu, menurut Dwikorita, tekanan udara rendah yang terjadi di Samudera Hindia, atau wilayah belahan bumi selatan, membuat udara dingin mengalir dari belahan bumi utara, yaitu daratan Asia.

Baca: 3 Tren Makanan yang Diprediksi Bakal Booming di 2018, Cocok Bagi yang Mau Bisnis Kuliner

Baca: Hujan Dominasi Cuaca Kalteng Hari Ini, 5 Wilayah Peringatan Dini

Hujan berintensitas sedang sampai lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah selama sepekan ke depan, dari Sumatera sampai Papua.

Di wilayah Indonesia Barat, termasuk di antaranya Aceh, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Di wilayah Indonesia Tengah, termasuk di antaranya Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved