Sains

Asteroid Menyeramkan Ini akan Melintasi Bumi Pada 2018

Ini terjadi karena pada tahun 2015 lalu, asteroid ini pernah melintasi Bumi juga, tepatnya pada malam Halloween.

hai online
Asteroid 2015 TB145. 

TRIBUNKALTENG.COM – Pada tahun 2018 nanti, akan ada sebuah asteroid menyeramkan yang melintas. Kenapa disebut seram? Ternyata asteroid ini bentuknya seperti tengkorak, lho.

Asteroid 2015 TB145 termasuk salah satu asteroid yang unik. Bagaimana nggak, asteroid ini bentuknya seperti tengkorak kepala manusia dengan 4 cekungan seperti mata, hidung, dan mulut.

Asteroid ini juga dijuluki sebagai asteroid spooky yang berarti asteroid menyeramkan. Ini terjadi karena pada tahun 2015 lalu, asteroid ini pernah melintasi Bumi juga, tepatnya pada malam Halloween.

Baca: Jalur Sampit-Pangkalanbun Putus, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilewati Pengendara

Pada kunjungan tahun 2015 lalu, asteroid ini melintas dengan jarak yang cukup dekat, yaitu 486.000 kilometer atau sekitar 1,3 kali jarak Bumi ke Bulan.

Asteroid ini melintas pada tanggal 10 Oktober 2015 lalu dan ditemukan oleh para astronom dengan teleskop Pan-STARRS di Hawaii.

Baca: Subhanallah! Limbad Kini Dikabarkan Jadi Pendakwah, Begini Penampilannya

Dengan menggunakan Teleskop Radio Green Bank di West Virginia dan Radio Arecibo di Puerto Rico, NASA berhasil mengambil gambar asteroid ini yang dari sudut tertentu kadang terlihat seperti tengkorak manusia.

Pada tahun 2018, asteroid ini akan berkunjung lagi ke Bumi, tepatnya pada bulan November nanti. Namun sayangnya, jarak lintasannya lebih jauh daripada tahun 2015 lalu, yaitu sekitar 105 kali jarak Bumi ke Bulan.

Maka itu, asteroid ini hanya bisa terlihat dengan menggunakan teleskop tertentu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved