Wow! Terdakwa Kasus e-KTP Beri Setya Novanto Jam Tangan Seharga Rp 1,3 Miliar

Jam tangan itu diberikan pada saat ulang tahun Novanto tepat pada 12 Nopember 2012 atau saat Novanto masih menjabat sebagai

Wow! Terdakwa Kasus e-KTP Beri Setya Novanto Jam Tangan Seharga Rp 1,3 Miliar
Kontan
Johannes Marliem. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Sebagai ucapan terima kasih karena telah dibantu terkait anggaran proyek e-KTP atau KTP elektronik, Ketua DPR RI Setya Novanto diberi hadiah jam tangan super mewah Richard Mile seharga 135 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp 1,3 miliar.

Jam tangan mewah itu diberikan oleh terdakwa korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong bersama rekannya Direktur Biomorf Lone LLC Johannes Marliem.

Jam tangan itu diberikan pada saat ulang tahun Novanto tepat pada 12 Nopember 2012 atau saat Novanto masih menjabat sebagai ketua fraksi Partai Golkar.

"(Memberi) Jam tangan Richard Mile waktu itu saya membeli bersama Pak Johannes Marliem," kata Andi Narogong saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Berdasarkan keterangan Andi Narogong, jam tangan itu diberikan di rumah Novanto. Saat menerima hadiah itu, Andi Narogong mengungkapkan Novanto sangat senang.

"Pak Setya Novanto senang. 'Pak, ini hadiah dari kami berdua ultah Bapak dan atas bantuan Bapak selama ini," kata Andi menirukan kembali percakapan saat itu.

Menurut Andi, ide pemberian hadiah itu berasal dari Marliem. Marliem ingin memberikan perhaitan kepada Novanto atas bantuannya maka proyek e-KTP dapat terlaksana.

Dari harga tersebut, Andi Narogong merogoh koceknya Rp 650 juta dan sisanya dibayar oleh Johannes Marliem.

Johannes Marliem kemudian membeli barang tersebut di California, Los Angeles, Amerika Serikat seharga USD 135.000.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved