Kalteng Kita

Kalteng Cabut 800 Ribu Hektare Izin Investasi Perkebunan

Kalteng memiliki lahan untuk investasi seluas sekitar empat juta hektare untuk lahan perkebunan yang sudah dikeluarkan

Kalteng Cabut 800 Ribu Hektare Izin Investasi Perkebunan
TRIBUNKALTENG.com/faturahman
Menteri Pertanian H Andi Amran Sulaiman, (baju kemeja putih) didampingi Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, Senin (13/11/2017) saat melakukan rapat koordinasi terkait rencana pengembangan pangan untuk membangun padi organik 300 ribu hektare di Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bertindak tegas terhadap izin investasi perkebunan yang tidak serius dalam berinvestasi di Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, mengatakan, ada sebanyak 800 ribu hektare izin perkebunan yang sudah dikeluarkan.

Namun, selama lima tahun izin perkebunan tersebut diberikan oleh pemilik lahan, tidak ada aktivitas di lapangan sehingga oleh Pemprov terpaksa dicabut, karena investor tidak serius menggarapnya.

Baca: VIDEO: King Cobra Sepanjang 3,5 Meter Bikin Heboh SMPN 3 Kapuas, Balakar 545 Turun Tangan

Masih menurut dia, Kalteng memiliki lahan untuk investasi seluas sekitar empat juta hektare untuk lahan perkebunan yang sudah dikeluarkan dan tertanam mencapai satu juta sembilan ratus ribu hektare.

"Satu juta hektare izinnya tidak lengkap, sedangkan izin yang resmi sesuai Perda No 5/2015 sebanyak ada 900 ribu hektare, dan sebanyak dua juta hektare izin yang dikeluarkan belum tergarap, "ujarnya, Jumat (17/11/2017).

Untuk sebab dia, pihaknya akan memperketat pemberian izin kepada investor yang baru, agar izin yang dikeluarkan benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan ada dampaknya bagi masyarakat. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved