Hari Pahlawan

Hari Pahlawan, 72 Tahun Lalu 16.000 Pejuang Tewas Demi Ini

Gerakan pengibaran bendera tersebut makin meluas ke segenap pelosok kota Surabaya.

Hari Pahlawan, 72 Tahun Lalu 16.000 Pejuang Tewas Demi Ini
Dokumen
Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. 

TRIBUNKALTENG.COM - Hari ini, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945.

Terjadinya peperangan besar-besaran antara tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerderkaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Pertempuran Surabaya jadi perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Baca: Korupsi Pangeran dan Pejabat Arab Saudi Ini Capai Rp 1.351 Triliun

Juga jadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Pertempuran dimulai pada 1 Maret 1942, ketika tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa dan tujuh hari kemudian, 8 Maret 1942 tentara Belanda menyerah tanpa syarat berdasarkan Perjanjian Kalijati.

Dilansir wikipedia, tiga tahun kemudian, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu setelah dijatuhkannya bom atom (oleh Amerika Serikat) di Hiroshima dan Nagasaki.

Peristiwa itu terjadi pada bulan Agustus 1945. Dalam kekosongan kekuasaan asing tersebut, Soekarno kemudian memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945

Insiden di Hotel Yamato

Setelah munculnya maklumat pemerintah Indonesia tanggal 31 Agustus 1945 yang menetapkan bahwa mulai 1 September 1945 bendera nasional Sang Saka Merah Putih dikibarkan terus di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Restudia
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved