Kabar Dunia

Tangkapi Sejumlah Pangeran Bikin Posisi Putra Mahkota Arab Saudi Tambah Kuat

Posisi Pangeran Miteb ini amat diperhitungkan karena dia mewarisi kendali garda nasional, sebuah pasukan elite dalam negeri

Tangkapi Sejumlah Pangeran Bikin Posisi Putra Mahkota Arab Saudi Tambah Kuat
Arab News
Pangeran Mohammed bin Salman, putra mahkota baru Kerajaan Arab Saudi. 

TRIBUNKALTENG.COM, RIYADH — Posisi putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman semakin kuat setelah gelombang penangkapan para pangeran dan perombakan kabinet Arab Saudi.

Salah satu tokoh berpengaruh yang diberhentikan dari jabatannya adalah Pangeran Miteb bin Abdullah yang sebelumnya menjabat menteri garda nasional.

Pangeran Miteb digantikan Khaled bin Ayyaf, sedangkan menteri perekonomian Adel Fakieh dicopot dan digantikan wakilnya, Mohammed al-Tuwaijiri.

Baca: Dokter Ini Bingung Lihat Balutan Perban dalam Sinetron, Aku Merasa Ketinggalan

Pangeran Miteb, putra kesayangan almarhum Raja Abdullah, sempat digadang-gadang menjadi calon kuat ahli waris takhta Saudi sebelum kemunculan Pangeran Mohammed bin Salman yang mengejutkan dua tahun lalu.

Posisi Pangeran Miteb ini amat diperhitungkan karena dia mewarisi kendali garda nasional, sebuah pasukan elite dalam negeri yang dibangun dari unit-unit kesukuan, yang dibangun sang ayah berpuluh tahun lalu.

Pangeran Miteb juga merupakan anggota terakhir keluarga Raja Abdullah yang masih memegang posisi penting dalam struktur Pemerintahan Saudi.

Baca: Panji Sang Petualang Bangkit dari Kubur, Kabar Terbarunya Mengejutkan

Langkah "menepikan" Pangeran Miteb ini amat penting karena kini Pangeran Mohammed bin Salman mengendalikan seluruh institusi keamanan negeri itu yang sejak lama dipimpin secara terpisah oleh sejumlah tokoh penting.

Mohammed bin Salman (32) saat ini sudah menjabat sebagai menteri pertahanan dan pada Juni lalu dinobatkan menjadi putra mahkota menggeser saudara sepupunya yang lebih tua, Pangeran Mohammed bin Nayef.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved